Manfaatkan DD, Pemdes Palasari Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

Anggota Koramil Cijeruk ikut serta membantu dalam pembangunan infrastruktur di Desa Palasar, Cijeruk (dok. KM)
Anggota Koramil Cijeruk ikut serta membantu dalam pembangunan infrastruktur di Desa Palasar, Cijeruk (dok. KM)

CIJERUK, BOGOR (KM) – Pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas utama Pemerintah Desa (Pemdes) Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, dalam merealisasikan Dana Desa (DD) termin pertama Tahun Anggaran (TA) 2016. Menurut Kepala Desa (Kades), penggunaan DD mengacu pada hasil kesepakatan bersama dalam musyawarah desa.

Kades Palasari Encep Nurdin mengatakan, saat ini pemerintahannya tengah melaksanakan pembangunan saluran irigasi, pembangunan jalan lingkungan, Talud Penahan Tanah (TPT) dan satu paket betonisasi jalan desa. Untuk pencairan DD termin kedua, Pemdes Palasari berencana akan membangun sarana umum Mandi Cuci Kakus (MCK) di sejumlah titik. “Di pencairan termin kedua nanti, kami akan membangun MCK umum dan mengembangkan BUMDes. Namun kami masih akan matangkan lagi perencanaannya dalam musyawarah bersama jajaran,” katanya.

Kepala Desa Palasari, Kabupaten Bogor Encep Nurdin (dok. KM)

Kepala Desa Palasari, Kabupaten Bogor Encep Nurdin (dok. KM)

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Desa Palasari Andriansyah menjelaskan, pembangunan saluran Irigasi dilaksanakan di Kampung Geblug Rt 4 Rw 1 dengan panjang 100 meter x 2 jalur, yang saat ini baru mencapai 70 persen. Kemudian, lanjut Andri, pembangunan jalan lingkungan (Jaling) sepanjang 150 meter x 1 meter di wilayah yang sama.  Dan yang terakhir, betonisasi jalan desa sepanjang 1000 meter x 3 meter di Kampung Cijeruk Rt 3 Rw 3. Diakui Andri, pelaksanaan pekerjaan pembangunan infrastuktur terkendala oleh faktor cuaca yang tidak stabil, serta terbatasnya waktu kerja para pekerja yang tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan ini. Namun menurutnya, hal tersebut tidak menjadi penghalang dalam suksesnya  pelaksanaan pembangunan. Karena pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat setempat secara swadaya itu juga dibantu oleh peran serta aktif dari aparat pembina desa.

Advertisement
Pemerintah Desa Palasari menggunakan DD untuk betonisasi jalan (dok. KM)

Pemerintah Desa Palasari menggunakan DD untuk betonisasi jalan (dok. KM)

“Betonisasi jalan desa satu paket dengan pembangunan TPT dan gorong-gorong. Kami sangat mengapresiasi atas peran serta aktif dari Babinsa yang dipimpin langsung oleh Wadan Ramil dan Babinkamtibmas yang mau turun tangan membantu masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan,” tandas Kasi Ekbang Desa Palasari mengakhiri penjelasannya kepada KM. (Raden)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*