K3M Stikes Jend. A. Yani Sleman: DBD dan Gangguan Jiwa, Penyakit yang Dominan di Gesikan Bantul

Mahasiswa peserta K3M Stikes Jend. A. Yani, Bantul Yogyakarta bersama kepala Dukuh Gesikan IV Tata Subagyo (dok. KM)
Mahasiswa peserta K3M Stikes Jend. A. Yani, Bantul Yogyakarta bersama kepala Dukuh Gesikan IV Tata Subagyo (dok. KM)

YOGYAKARTA (KM) – Sejumlah mahasiswa keperawatan dari STIKES Jend A. Yani Gamping Sleman Yogyakarta yang sedang melakukan program “Kuliah Kerja Kesehatan Masyarakat (K3M)” meneliti kondisi kesehatan masyarakat di dusun Gesikan IV, desa Wijirejo, Pandak, Kab. Bantul, sekaligus memberikan penyuluhan kesehatan kepada warga setempat.

Menurut ketua K3M, Arie, program ini dilakukan guna memberikan pencerahan kepada masyarakat Gesikan IV tentang program Hidup Bersih Sehari-hari (PHBS), mendata warga tentang penyakit yang dominan di sekitar warga Gesikan IV ini. “Dari hasil sementara program K3M ini yang dilakukan sampai tanggal 2/7/16 penyakit Demam berdarah, Hipertensi, Diabetes, dan gangguan jiwa masih dominan di Gesikan IV,” tegasnya.

Kegiatan K3M ini mejalin juga kerjasama dengan pihak Puskesmas Pandak 1 Bantul. Dengan cara memberikan data setelah adanya temuan di warga, mengantar warga untuk segera dibawa ke Puskesmas setempat, menganjurkan juga memastikan bahwa betapa pentingnya menjalankan Program Hidup Bersih Sehat, menjaga pola makan yang sehat, memiliki kartu jaminan kesehatan sosial jika tiba-tiba diperlukan warga dalam kondisi darurat.

Advertisement

Menurut kepala dusun Gesikan IV, Tata Subagyo, warga yang terkena gangguan jiwa itu “rata-rata karena faktor ekonomi, biasa hidup senang tiba-tiba jatuh miskin, juga keturunan.”

 “Dengan adanya K3M, masyarakat pun makin faham dari resiko mengabaikan pola makan, hidup, juga medalami secara luas bahwa resikonya akan fatal. Kalo sudah akibatnya gimana juga mau semangat untuk cari rejeki sema tanggung jawab dengan keluarganya,” tegasnya. (gie)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*