BPPKB Berikan Orientasi Kesehatan Reproduksi Remaja Bagi Pembina Pramuka Bogor

Pelantikan Saka Kencana, satuan Pramuka di bidang penyuluhan Keluarga Berencana, Bogor
Pelantikan Saka Kencana, satuan Pramuka di bidang penyuluhan Keluarga Berencana, Bogor

 

BOGOR (KM) – Masa remaja adalah masa yang rentan oleh masalah TRIAD KRR yaitu Seksualitas, HIV dan AIDS serta Napza. Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) telah melakukan berbagai upaya untuk merespon masalah remaja itu, antara lain melalui program Pengembangan Pusat Pelayanan Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi remaja (KRR) di sekolah, masyarakat, keluarga, dan kelompok sebaya melalui wadah Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). PIK-R adalah kelompok kegiatan yang dikelola oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan lainnya yaitu memberikan informasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), Keterampilan Hidup (life skills), pelayanan konseling, rujukan, pengembangan jaringan dan dukungan serta kegiatan lainnya, sesuai minat dan ciri remaja.

Dalam rangka untuk menjangkau komunitas remaja yang lebih luas, BPPKB Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan  Forum Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) bagi kelompok remaja dan kelompok sebaya di dalam dan luar sekolah melalui Orientasi PIK-R bagi pembina Pramuka yang dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 18-19 Mei 2016 bertempat di Hotel Gumilang, Jl. Raya Cipayung KM. 75,6 Megamendung Bogor. “Orientasi ini diperlukan agar pengelola Pramuka dapat menangani persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja, HIV/AIDS, seksualitas dan Napza. Dalam kegiatan ini juga sekaligus pembentukan Saka Kencana,” ujar Kabid KS BPPKB Kabupaten Bogor Dra. Hj. Eni Irawati, MM. Lebih jauh Dra. Eni Irawati, MM menjelaskan bahwa Satuan Karya Pramuka (Saka) Kencana adalah wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan. “Tujuan dibentuknya Saka Kencana adalah untuk membina anggota Gerakan Pramuka agar dapat menjadi tenaga kader pembangunan dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan guna memantapkan pelembagaan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera sebagai cara yang layak dan bertanggungjawab dari seluruh keluarga dan masyarakat di Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Advertisement

Pengurus Saka Kencana Kabupaten Bogor periode 2016-2021 ini dilantik langsung oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor, H. Didi Kurnia, SH., M.Si. Dalam arahannya, Kak Didi menyampaikan, keanggotaan Saka Kencana bersifat sukarela. Mereka harus mampu memberikan latihan dan peran serta dalam mendukung kegiatan Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan khususnya kepada para anggota Pramuka di Gugus Depannya. “Anggota Saka Kencana harus memiliki sikap yang rasional serta bertanggungjawab dalam mewujudkan kesadaran dan kepedulian keluarga sebagai pemrakarsa dan pelaksana pembangunan bangsa,” ujarnya. Selanjutnya, dalam upaya menumbuhkembangkan minat terhadap kegiatan Keluarga Berencana, maka akan dibentuk Saka Kencana di setiap Kwartir Ranting di seluruh wilayah Kabupaten Bogor. “Kita akan segera bentuk Saka Kencana di seluruh Kwartir Ranting Pramuka di Kabupaten Bogor,” tegas Kak Didi.

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*