Sosialisasi Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Bagi Kepala Desa/Lurah Se-Kabupaten Bogor

Kondisi kependudukan saat ini baik dalam arti jumlah dan kualitas maupun persebaran merupakan tantangan yang berat bagi pembangunan bangsa Indonesia. Situasi dan kondisi kependudukan Indonesia tersebut, jelas merupakan suatu fenomena yang memerlukan perhatian dan penanganan secara seksama, lebih sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Salah satu upaya yang telah dan perlu terus dilakukan oleh pemerintah adalah dengan pengendalian jumlah penduduk dan peningkatan kualitas penduduk melalui Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB). Program KKB mempunyai arti yang sangat penting dalam upaya mewujudkan manusia Indonesia sejahtera disamping program pendidikan dan kesehatan. Undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga menyebutkan bahwa Keluarga Berencana adalah Upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Saat ini Indonesia merupakan salah satu Negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia dan Kabupaten Bogor dengan jumlah penduduk 5.459.668 pada Bulan Juni 2015 (Proyeksi BPS) merupakan Kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Jawa Barat serta di Indonesia untuk kategori Kabupaten/Kota. Jumlah penduduk yang besar ini terjadi karena laju pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. Kondisi ini jelas menimbulkan dua sisi yang berbeda. Disatu sisi kondisi tersebut bisa menjadi salah satu kekuatan yang besar untuk Indonesia, tetapi disatu sisi kondisi tersebut menyebabkan beban negara menjadi semakin besar. Selain menjadi beban negara juga menimbulkan permasalahan lain. Banyaknya jumlah penduduk yang tidak disertai dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang mampu menampung seluruh angkatan kerja bisa menimbulkan pengangguran, kriminalitas, yang bersinggungan pula dengan rusaknya moralitas masyarakat.

Karena berhubungan dengan tinggi rendahnya beban negara untuk memberikan penghidupan yang layak kepada setiap warga negaranya, maka Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Sub Bidang Penyuluhan pada Bidang KB di Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPPKB ) melakukan serangkaian usaha untuk menekan laju pertumbuhan penduduk agar tidak terjadi ledakan penduduk yang lebih besar. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggalakkan program KKB melalui upaya advokasi dan komunikasi, informasi, edukasi (KIE).

Advokasi dan KIE yang dilakukan secara intensif, terarah dan tepat sasaran merupakan salah satu kegiatan kunci merubah sikap, perilaku dan sistem nilai. Informasi selalu dibutuhkan dan erat hubungannya dengan pelaksanaan program KB baik masyarakat, pelaksana maupun para pengelola program. Oleh karena itu sejak awal pelaksanaan program KB Tahun 1970 sampai sekarang dan bahkan waktu mendatang kekuatan informasi merupakan faktor kunci kelangsungan keberhasilan program kependudukan dan KB.

Advertisement

Untuk itu perlu adanya sosialisasi atau penyampaian informasi kepada para pemangku kebijakan di daerah, dalam hal ini khususnya Kepala Desa dan Lurah se -Kabupaten Bogor mengenai Program KKB agar mempermudah pergerakan Program KKB di daerah dan membantu Petugas Lapangan KB di lapangan dalam mensukseskan Program KKB.

Tujuan dari  sosialisasi Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) bagi Kepala Desa/Lurah adalah Untuk Mempengaruhi/Mengadvokasi penentu kebijakan (Kepala Desa/Lurah) agar mengeluarkan dukungan (kebijakan/aturan) yang berpihak kepada masyarakat dalam pelaksanaan Program KKB.

 

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh 434 orang Kepala Desa/Lurah yang pelaksanaannya pada :

 

  1. Angkatan I :

Tanggal   : Senin, 16 Mei 2016

Tempat    : Gedung Bioteknologi Komplek CSC LIPI Cibinong, Bogor

Peserta    : 109 Kepala Desa/Lurah

 

  1. Angkatan II

Tanggal   : Selasa, 17 Mei 2016

Tempat    : Gedung Pusat Inovasi Komplek CSC LIPI Cibinong, Bogor

Peserta    : 112 Kepala Desa/Lurah

 

  • Angkatan III

Tanggal   : Rabu, 18 Mei 2016

Tempat    : Gedung Bioteknologi Komplek CSC LIPI Cibinong, Bogor

Peserta    : 106 Kepala Desa/Lurah

 

  1. Angkatan IV

Tanggal   : Kamis, 19 Mei 2016

Tempat    : Gedung Bioteknologi Komplek CSC LIPI Cibinong, Bogor

Sasaran   : 107 Kepala Desa/Lurah

 

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala BPPKB Kabupaten Bogor, Emmy Pernawati, SH, M.Si yang dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber dari Balai Diklat KKB Bogor, Angela Sri Melani, SE, MM dengan materi “ Peran Kepala Desa Dalam Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Penggerakan Kampung KB”. Selain itu hadir pula Kepala Bidang KB pada BPPKB Kabupaten Bogor, Drs. Rusman Taufik, M.Si dengan materi Kependudukan dan KB dalam Konteks Pembangunan Berkelanjutan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan pemerintah daerah melalui Kepala Desa/Lurah dapat menggalakkan Progran Kependudukan dan Keluarga Berencana dalam upaya menekan laju pertambahan penduduk di Kabupaten Bogor.

 (Adv/Tyr)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*