Selenggarakan Mudik Gratis, DLLAJ Bogor Siapkan 300 Bus

Kasi Angkutan di Dinas Perhubungan kab. Bogor (dok. KM)
Kasi Angkutan di Dinas Perhubungan kab. Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – DLLAJ (Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan) kabupaten Bogor telah siap mengadakan program mudik gratis bagi pengendara motor menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini dengan tujuan Daerah Jawa dan Sumatera.

Hal itu di sampaikan Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Joko Handrianto kepada KM.

“Kita sudah siapkan bus sebanyak 300 unit, siap untuk berangkat,” ucapnya.

Joko menambahkan, bagi masyarakat yang hendak mengikuti program mudik gratis sudah dapat mendaftar via online melalui website yang disediakan. Pendaftaran bagi peserta mudik gratis bisa dilakukan secara online melalui situs www.mudikgratis.dephub.go.id.

“Syarat ya cukup STNK Motor dan KTP si pemohon dan akan di proses via online,” lanjutnya.

Namun karena warga masyarakat masih memilih menggunakan sepeda motor sebagai alternatif utama untuk mudik, Joko memperkirakan mudik gratis yang disediakan Kementerian Perhubungan akan sepi peminatnya. “Warga itu kalau pulang kampung ingin menunjukkan kesuksesannya di perantauan sehingga memilih kendaraan pribadi,” pungkasnya.

Advertisement

Kemenhub meramalkan puncak arus mudik moda angkutan jalan pada H-3 yakni Minggu, 3 Juli 2016, sedangkan moda angkutan laut, kereta api dan udara diprediksi pada H-4 (Sabtu, 2 Juli 2016). Sementara, puncak arus balik untuk seluruh moda sama dipredikasi pada H+4 (Minggu, 10 Juli 2016).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto mengatakan, prediksi jumlah penumpang angkutan umum berjumlah 17.995.412 orang (moda jalan turun -7,87%, moda penyeberangan naik 3,54%, moda kereta api naik 4,63%, moda laut naik 3,00% dan moda udara naik 7,62%). (Irfan)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*