Sampah Horor Hantui Warga Desa Bojonggede

Kondisi sampah di jembatan Kali Baru desa Bojonggede, warga sedang di tengah gundukan sampah di aliran sungai (dok. KM)
Kondisi sampah di jembatan Kali Baru desa Bojonggede, warga sedang di tengah gundukan sampah di aliran sungai (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pengendara mesin roda 2 maupun roda 4 harus ekstra waspada ketika melintas di jembatan Kali Baru, Kampung Sawah RT 01/07 kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. Pasalnya, bila hujan turun, jembatan yang mesti dilalui sudah tertutup oleh aliran air sungai yang cukup deras dan dapat menghanyutkan kendaraan yang melintas.

Luapan air sungai hingga ke atas jembatan bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, tumpukan sampah yang menjadi biang masalahnya.

Pantauan KM di jembatan Kali Baru, Senin sore 2/5, berbagai jenis sampah organik dan non organik mengotori aliran sungai sejauh 10 meter dengan ketebalan 2 Meter.

Seorang pemulung terlihat mencari barang-barang yang dapat dijadikan uang tepat di tengah-tengah tumpukan sampah yang berada di aliran sungai tampa ada rasa takut.

Advertisement

Nanang (36), warga sekitar, mengungkapkan kondisi Jembatan Kali Baru yang di penuhi sampah sudah sangat mengkwatirkan secara finansial dan kesehatan.

“Aroma busuk keluar dari tumpukan sampah dan kuatir luapan air masuk ke pemukiman,” ucapnya.

Dia menegaskan, aneka sampah yang masih menutup arus sungai ini tentunya mencemari lingkungan sekitar. Selain itu, Tatan melanjutkan, hadirnya genangan sampah berisiko mengancam kesehatan warga setempat.

“Kita takut akan jatuh korban jiwa bila tidak ada tindakan kongkrit,” jelasnya.

Ia menambahkan, kondisi hal ini sangat disayangkan karena rendahnya perhatian pemerintah kabupaten Bogor sehingga belum ada solusi.

“Harusnya Ibu Nurhayanti (bupati Bogor -red) Sidak dan memberikan perhatian terhadap hal-hal yang seperti ini,” ungkapnya.

” Dinas Kebersihan dan Pertamanan kok tutup mata,” tutupnya. (ids)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*