Kejari Putussibau Musnahkan Barang Bukti Kasus Narkoba Tahun 2015

Kejaksaan Negeri Putussibau membakar barang bukti dari 20 kasus narkoba tahun 2015 di Putussibau, Sabtu 14/5 (dok. KM)
Kejaksaan Negeri Putussibau membakar barang bukti dari 20 kasus narkoba tahun 2015 di Putussibau, Sabtu 14/5 (dok. KM)

KAPUAS HULU, KALIMANTAN BARAT (KM) -Kejaksaan Negeri Putussibau melaksanakan pemusnahan barang bukti dari 20 perkara narkotika tahun 2015 pada Sabtu siang 14/5 di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Putussibau, Jl. DI Panjaitan No. 5.

Pemusnahan tersebut dihadiri oleh Pjw. Bupati Kapuas Hulu, Frans Leonardus, Kajari Putussibau Rudi Hartono, Ketua Pengadilan Negeri Putussibau Moh. Fatkan, Hum. Dandim 1206/Psb Letkol. Kav. Budiman Ciptadi, Wakapolres Kapuas Hulu Kompol. Moh. Roni Mustofa, Staf perwakilan dari Dinkes dan staf Kemenag Kapuas Hulu.

Terkait pemusnahan tersebut, menurut Kajari Putussibau Rudi Hartono, tujuannya untuk menghindari penyalahgunaan barang bukti. Selain itu yang terpenting pemusnahan sabu ini sudah sesuai dengan amar putusan Pengadilan dan sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Sebanyak 20 Perkara Narkotika Tahun 2015 yang dimusnahkan. Dari 20 berkas perkara tersebut, 2 berkas perkara terkait oknum anggota sebelah (oknum anggota Polres Kapuas Hulu -red). Sedangkan pemusnahan barang bukti narkotika bagi perkara Tahun 2016 saat ini masih dalam proses hukum dan ada juga yang masih banding. Tetapi kemungkinan pemusnahan tahap ke II akan dilaksanakan di bulan Juli 2016,” terang Kajari Putussibau.

Advertisement

Lanjut Kajari, bahwa untuk perkembangan penanganan perkara Tindak Pidana Umum Tahun 2016, yaitu 72 Sprint penyidikan, 53 sprint penyidikan yang sudah diterima berkas perkaranya oleh Kejaksaan, 32 berkas perkara sudah lengkap (P.21), 30 perkara sudah lengkap serta penerimaan tersangka dan barang-bukti oleh Kejaksaan, 29 Penerimaan tersangka dan barang bukti yang sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Putussibau, 27 pelimpahan ke Pengadilan yang sudah Putusan Hakim, dan 25 Putusan Hakim yang sudah dieksekusi,” papar Kejari.

Sementara itu, Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol. Moh. Roni Mustofa, pada saat pemusnahan, kepada wartawan dirinya mengatakan bahwa barang bukti yang melibatkan 2 oknum anggotanya juga ikut dimusnahkan. “Ini yang saya musnahkan kebetulan terkait 2  anggota kita,” ungkapnya.

“Keduanya saat ini berada di Rutan Kelas II B Putussibau,” pungkasnya. (budi/ilham)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*