Inilah Ragam Kuliner Kalimantan Barat yang Harus Anda Coba!

Ikan Asam Pedas, salah satu kuliner khas Pontianak (dok. KM)
Ikan Asam Pedas, salah satu kuliner khas Pontianak (dok. KM)

KALIMANTAN BARAT (KM) – Kalau anda berencana untuk mengunjungi Kalimantan Barat, selain melihat warna-warni kebudayaan dan keindahan alam, anda juga wajib mencoba kuliner khas Kalimantan Barat!

Dari perjalanan kami di Kalimantan Barat, kami rangkum beberapa menu khas yang recommended:

Masakan Ikan Asam Pedas di daerah Pontianak

Ikan Asam Pedas ini salah satu variasi ikan yang disandingkan dengan rasa pedas dan asam. Perpaduan kedua unsur rasa dengan rasa khas ikan yang asin menciptakan rasa kelezatan yang luar bisa. Aneka olahan ikan memang selalu sedap untuk disantap, apalagi ikan sudah terbukti kaya akan gizi, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan tubuh kita.

Kerupuk basah, makanan khas Kapuas Hulu

Kerupuk Basah

Kerupuk Basah

Kabupaten Kapuas Hulu adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Putussibau yang dapat ditempuh lewat transportasi sungai Kapuas sejauh 846 km, lewat jalan darat sejauh 814 km dan lewat udara ditempuh dengan pesawat berbadan kecil dari Pontianak. Memiliki luas wilayah 29.842 km² dan berpenduduk 222.160 menurut hasil Sensus Penduduk Tahun 2010.

Disinilah asal muasal terbentuknya Kerupuk Basah. Aneh terdengar memang, kerupuk tapi basah, yang kita tahu selama ini kerupuk adalah makanan  khas yang digoreng garing, crispy dan harus ‘kriuk-kriuk’ jika dimakan.
Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, kerupuk yang satu ini tidak melalui proses dijemur dan digoreng sepertinya lazimnya pembuatan kerupuk lainnya.

Kerupuk basah biasa dibuat dengan bahan dasar ikan air tawar.  Namun jenis ikan yang paling lezat di lidah adalah ikan belidak (Notopetrus chitala H.B).  Ikan eksotik ini banyak dijumpai di Sungai Kapuas di sekitar Danau Sentarum.

Makanan ini terbilang unik dan sederhana, sedikit kenyal namun gurih  dengan cita rasa ikan air tawar yang kental terasa. Biasanya Kerupuk Basah di sajikan dengan sambal. Di kalangan Masyarakat Kapuas Hulu khususnya di kawasan Danau Sentarum, makanan ini sangat popular dan menjadi sajian utama ketika ada tamu.
Untuk anda yang tertarik mencobannya, namun tidak tau harus membeli dimana, anda bisa mencoba membuatnya sendiri.

Manok Pansoh, masakan daging di dalam bambu khas masyarakat Dayak

Manok Pansoh merupakan makanan yang terkenal di Sarawak. Manok Pansoh atau ayam kampung yang dimasak dalam buluh adalah makanan suku kaum Iban yang paling digemari. Buluh yang digunakan untuk memasak ayam tersebut memberikan satu rasa tersendiri kepada makanan tersebut.

Manok Pansoh sangat terkenal dan sesuai dimakan ketika sarapan pagi, siang, malam atau kapan saja. Ia akan lebih sedap jika dimakan bersama nasi ketan atau lemang.

Tempoyak dari Tayan Hilir

Tempoyak

Tempoyak

Tempoyak adalah bumbu masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Dapat dimakan langsung, menjadi bumbu masakan atau bisa juga menjadi teman nasi.

Sotong Pangkong dari Pontianak

Sotong Pangkong

Sotong Pangkong

Sotong Pangkong, begitu masyarakat Pontianak menyebutnya, adalah makanan khas Pontianak yang hanya ditemukan saat bulan Ramadhan dan hari-hari tertentu saja.

Sotong Pangkong berbahan dasar sotong/cumi, yang dikeringkan , kemudian dibakar menggunakan arang. Cara pembuatannya pun cukup unik. Sotong kering yang telah dibakar tesebut akan di pangkong (di pukul-pukul) mengunakan alat pemukul untuk menghasilkan rasa gurih dari sotong tersebut.

Es Lidah Buaya dari Pontianak

Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya

Sebagian masyarakat mungkin hanya tahu kalau lidah buaya hanya cocok untuk menyuburkan rambut. Tetapi saat ini sudah banyak pelaku industri yang memproduksi berbagai olahan makanan dari lidah buaya mulai dari dodol, manisan, teh, dan lain-lain. Tapi yang paling sederhana adalah pemanfaatan lidah buaya sebagai minuman. Lidah buaya dipercaya dapat menyembuhkan panas dalam karena kesegaran yang dimilikinya. Di beberapa jalan utama Pontianak ataupun cafe-cafe, anda bisa dengan mudah menemukan es lidah buah yang menyegarkan itu.

Es Lidah Buaya, merupakan makanan penutup paling pas. Lidah buaya sendiri memang banyak diolah menjadi makanan di kota khatulistiwa ini, termasuk sebagai minuman yang segar.

Lempok durian dari Pontianak

Lempok Durian

Lempok Durian

Lempok durian adalah makanan khas kota Pontianak. Rasanya yang enak dan aroma nya bisa membangkitkan selera makan untuk sejenis dodol durian ini. Cocok juga di jadikan buah tangan maupun cemilan sehari-hari. Dengan rasa durian asli Pontianak, membuat anda akan ketagihan memakannya.

Es Krim Petrus (Es Krim A Ngie) dari Pontianak

Es Krim Petrus

Es Krim Petrus

Asal muasal penamaan Es Krim Petrus adalah lokasinya yang berada tepat di depan persekolahan Santo Petrus di Jalan Karel Satsuit Tubun, Pontianak. Kekhasan kuliner ini adalah kelembutan es yang disajikan dalam beberapa varian mulai dari coklat, vanila, strawberry, durian, cempedak, hingga nangka yang semuanya dibuat secara home made. Penyajian es krimnya tergantung porsi yang dipilih pembeli. Bisa disajikan dengan gelas biasa, cup, roti, bahkan di atas batok kelapa muda. Es krim ini berisi campuran yang di dalamnya terdapat kacang merah, cincau hitam yang dipotong kecil-kecil, agar-agar serut dan lelehan cokelat. (Budi/abdullah)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*