Desa Sukaluyu Manfaatkan DD Untuk Betonisasi Jalan Desa

Kades Sukaluyu, Sarif, bangun jalan desa bersama warganya (dok. KM)
Kades Sukaluyu, Sarif, bangun jalan desa bersama warganya (dok. KM)

TAMANSARI, BOGOR (KM) – Dengan cairnya termin pertama Dana Desa (DD) oleh pemerintah pusat melalui Kemendes, pembangunan demi pembangunan infrastruktur mulai terlihat di Desa Sukaluyu Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor.

Di desa ini, ada 5 titik pembangunan betonisasi jalan lingkungan. Dimulai dari kampung Kemang RT 02/10 dengan etonisasi jalan berukuran 150 × 2,5 m, Kampung Legok Akub RW 01 berukuran 600 × 2m, Kampung Jami RT 02/11 berukuran 150 × 2,5m dan betonisasi jalan di Kampung Sukaluyu RW 07 berukuran 800 × 1m.

“Pemerintah Desa Sukaluyu sangat mempunyai daya untuk membangun Desa terutama sektor infrastruktur, dan akan terus membangun dengan sumber anggaran yang telah digelontorkan pemerintah menurut skala prioritas,” kata Sarif Kades Sukaluyu kepada Kupas Merdeka, Minggu (29/5).

Advertisement

“Kita berdayakan penyerapan anggaran dan berdayakan penyerapan tenaga kerja secara transparan, kita bentuk tim pelaksana pekerjaan untuk mengerjakan pekerjaan menurut Rencana Anggaran Biaya (RAB),” tambah Sarif.

Banyak temuan hasil audit atau ekspos inspektorat, menjelaskan secara umum temuan hasil audit inspektorat di pedesaan se Kabupaten Bogor, khususnya Kecamatan Tamansari, bukan terdapat penyelewengan anggaran, tetapi lebih kepada belum maksimalnya pemahaman tentang pelajaran regulasi tata kelola keuangan, sehingga Kepala Desa dan perangkatnya dituntut mampu melakukan pelaporan agar ada “sinkronisasi antara laporan fisik bangunan dan administrasi”.(Dian Pribadi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*