Camat Sukmajaya Terapkan Program Camat “On Call”

Camat Sukmajaya, Dadang Wihana memimpin upacara pada HUT Kota Depok (dok. KM)
Camat Sukmajaya, Dadang Wihana memimpin upacara pada HUT Kota Depok (dok. KM)

DEPOK (KM) – Kota Depok beberapa pekan ini genap berusia 17 tahun. Usia yang diibaratkan Walikota Depok Muhammad Idris sebagai “usia remaja yang lagi centil-centilnya sehingga perlu pembenahan serta penataan di segala bidang.”

Depok yang juga sebagai kota yang mempunyai tagline “BERSAHABAT” (Bersih Sehat Aman dan Bermartabat) pada saat Hari Ulang Tahunnya(HUT) mengadakan upacara yang cukup meriah.

Sebagai komandan upacara adalah Camat Sukmajaya Dadang Wihana. Bukan tanpa alasan Walikota Depok menunjuk Dadang Wihana (Camat Sukmajaya) sebagai komandan upacara.

Dadang pun bukan hanya cekatan dalam memimpin pasukan di lapangan upacara saat perayaan HUT Depok di balaikota. Namun ia pun gesit dan tanggap setiap ada keluhan dari warganya terkait dengan pelayanan, sehingga dia sering pula lakukan kunjungan-kunjungan ke tiap-tiap kelurahan yang ada di wilayah kecamatan Sukmajaya.

Saat wartawan KM menginfokan ada warganya yang bernama Ida Laraswati yang saat itu terkena tumor tulang sehingga tidak dapat berobat ke rumah sakit dikarenakan biaya, dengan sigap ia perintahkan stafnya untuk membawanya ke RS. Fatmawati agar secepat mungkin memperoleh penanganan yang serius serta lengkap dan menginformasikan kembali pada wartawan KM bahwa ia sudah melakukan tindakan tersebut.

Camat Dadang pun sering diberi julukan camat “On Call”. Ia kerap kali memberi arahan pada lurah-lurah di wilayahnya untuk selalu siap di hubungi oleh warga jika warga ingin adukan suatu lain hal atau menanyakan yang sekiranya warga belum jelas. Karena baginya, “hakekatnya pemimpin itu ya pelayan, jika pemimpin tidak mau melayani maka dia itu pemimpi,” tegas Dadang.

Advertisement

Adanya penerapan ‘On Call’ yang dilakukan oleh Kecamatan Sukmajaya, Depok pada beberapa waktu belakangan ini diapresiasikan langsung oleh Walikota Depok yang mengatakan bahwa hal tersebut adalah salah satu pelayanan prima yang memang harus diterapkan disetiap kelurahan kepada masyarakat yang ada di wilayahnya.

Selain ditujukan agar masyarakat dapat berkomunikasi langsung dengan para pemimpin daerahnya, On Call ini juga dimaksudkan agar masyarakat dapat segera memberitahukan permasalahan yang dihadapi di lingkungannya yang memang memerlukan bantuan dari pihak pemerintah setempat.

“Program ‘On Call’ ini perlu diapresiasikan, karena hal ini telah membuktikan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kecamatan Sukmajaya sudah siap secara langsung dihubungi oleh warganya,” tegas Walikota Depok.

Inilah inovasi yang di lakukan Dadang Wihana beserta jajaranya. Guna memaksimalkan pelayanan kepada warganya, evaluasi pun juga harus dilakukan guna melihat seberapa besar manfaat dari program tersebut. (Gie)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*