SDN Ciparay Nanggung Jadi Contoh Sekolah Sehat

Anak-anak SDN Ciparay menyambut hadirin Lomba Sehat, Jumat 8/4 (dok KM)
Anak-anak SDN Ciparay menyambut hadirin Lomba Sehat, Jumat 8/4 (dok KM)

BOGOR (KM) – SD Negeri Ciparay merupakan SD yang paling ujung di wilayah Desa Cisarua Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor, dengan luas tanah 1500 m, dua bangunan sekolahan dan satu bangunan tempat perpustakaan.

Tempat yang sejuk dan indah dipandang mata, SD Negeri Ciparay mewakili SDN Se-Kecamatan Nanggung dalam rangka Lomba Sehat tepatnya pada hari Jum’at tanggal 08 April 2016 yang dihadiri Unsur Muspika Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor yang diwakili Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor dan seluruh kepala sekolah sekecamatan Nanggung, Camat Nanggung dan kepala desa Cisarua.

Lomba sehat ini program tahunan guna terwujudnya siswa-siswi yang selain belajar di sekolah juga mengedepankan tentang tata cara hidup sehat dan selalu tetap menjaga kebersihan. Hal ini dikatakan ketua UPT Pendidikan Kecamatan Nanggung Titis Sutisna, yang mengapresiasi adanya program yang dilakukan oleh pemerintah.

“Hal ini positif untuk meningkatkan kesadaran anak belajar bagaimana tentang tata cara hidup sehat dan bersih,” tuturnya. Endang, Kepala Sekolah SDN Ciparay di ruang rapatnya saat ditemui Kupas Merdeka, Jum’at 8/4 lalu menuturkan selain mendidik para siswanya di sekolah, di luar sekolah pun akan terbiasa dan tahu pola hidup bersih dan bisa dicontoh oleh kalangan masyarakat. “Jangan asal buang sampah bukan pada tempatnya, dan untuk menunjang kesehatan harus ada dukungan dari pemerintah dan masyarakat itu sendiri,” lanjutnya.

Diantara kebiasaan yang diupayakan untuk ditumbuhkan dalam masyarakat adalah kesadaran bahwa kebersihan lingkungan bisa diciptakan dengan pola tidak buang sampah sembarangan terkadang pada saat sehat lupa akan nikmatnya menjadi sehat dan ketika sakit baru aka tersadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga. Dan bukan itu saja, SD Negeri Ciparay mengadakan kegiatan Sekolah Sehat bukanlah predikat yang hanya mengandalkan bersih dan rindangnya saja, sekolah sehat itu sekolah yang bersih hasil membantu siswa untuk berprestasi secara maksimal dengan mengedepankan aspek kesehatan.

Advertisement

Sekolah sehat sebetulnya mengacu kepada sekolah yang bersih, hijau, indah dan rindang, peserta didiknya sehat bugar serta senantiasa berprilaku hidup bersih dan sehat. Sekolah selalu membangun kesehatan siswa baik jasmani maupun rohani melalui pemahaman, kemampuan dan tingkah laku sehingga siswa bisa mengambil keputusan yang terbaik untuk kesehatan meraka secara mandiri. Kondisi ideal tersebut bisa dilihat langsung di SD Negeri Ciparay yang dikenal sebagai sekolah yang memiliki kedisiplinan tinggi, pepohonan rindang dan lapangan luas, menghadirkan kesan yang nyaman, teduh dan menyenangkan.

Berkat kerja keras seluruh guru dan kesadaran tinggi anak-anak asuhnya, program sekolah sehat yang dicanangkan Endang dan kawan-kawan juga mendapat dukungan dari instansi terkait. Kondisi ini masih terus ditingkatkan dengan inovasi wahana penunjang mulai dari penyediaan pengolahan sampah, tujuannya agar anak-anak belajar dalam suasana segar menyenangkan sehat bersih guna membantu mereka mencapai prestasi maksimal dan meningkatkan standard kehidupan. Sekolah tersebut juga mengadakan upacara adat kesenian Sunda seperti degung, angklung, cocok tanam pertanian dan kegiatan pemeliharaan sampah seperti kegiatan pengemposan, pemeliharaan tanaman, pemberian nama tanaman dan siswa cinta limbah hasil karya cipta dan kegiatan Dokcil. (Junaedi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*