Pemkab Kapuas Hulu Distribusikan Bantuan Bencana Banjir

KALIMANTAN BARAT (KM) – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mendistribusikan bantuan bagi korban bencana alam banjir yang melanda daerah aliran sungai Kapuas. Menurut Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, pendistribusian bantuan bencana alam tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan (SK) Bupati Kapuas Hulu, Nomor 181 dan 183 terkait bencana Banjir.

Bantuan yang disalurkan berupa beras dari Bulog. “Pihak Bulog menyediakan cadangan beras pemerintah (CBP) sesuai surat permohonan dari wakil Bupati Kapuas Hulu nomor 460/420/DTTS/SOS-A. Berdasarkan surat permohonan tersebut Wakil Bupati memohon untuk mengeluarkan beras CBP sebanyak 97.980 kg untuk 10 kecamatan, masing-masing jiwa menerima beras 5kg,” ungkap pelaksana administrasi dan keuangan (MINKU) Kusmayadi.

“Di Kapuas Hulu sebanyak 10 titik Kecamatan yang terkena bencana banjir. Hari ini bantuan disalurkan untuk 8 titik Kecamatan yang berada di DAS Kapuas. Sedangkan 2 kecamatan lagi yaitu Batang Lupar dan Kecamatan Badau sudah didistribusikan oleh BPBD Kapuas Hulu beberapa hari yang lalu,” jelasnya.

Menurut Wakil Bupati, bantuan yang disalurkan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemkab Kapuas Hulu terhadap masyarakat yang terkena bencana banjir. “Diharapkan bantuan ini benar-benar diberikan kepada yang membutuhkannya, dan kami minta bantuan ini benar-benar dikawal. Untuk sementara inilah bantuan yang bisa disalurkan. Sedangkan stock beras yang ada di gudang, sudah habis,” ungkap Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L.Ain Pamero, SH, saat melepaskan penyaluran bantuan, Rabu (6/4/2016).

Advertisement

“Untuk mengantisipasi kemungkinan bencana alam yang akan terjadi lagi, kita saat ini sudah mengajukan kembali ke Provinsi beras sebanyak 100 ton,” imbuhnya.

“Bantuan yang disalurkan ini sifatnya hanya bersifat bantuan, bukan untuk memenuhi kebutuhan. Tugas kita tidak hanya sampai disini. Kalau kita bicara keadilan, saya rasa tidak cukup adil jika dibandingan dengan bantuan-bantuan bencana di Pusat. Kalau di daerah Jawa, satu-dua jam sudah disalurkan bantuan bencana, tetapi kalau kita disini satu bulan bencana belum tentu ada bantuan,” pungkasnya.

Sementara itu dalam pantauan dilapangan, bantuan bencana tersebut diangkut dengan menggunakan motor Bandung Kapuas Baru. Dan penyaluran bantuan tersebut dilepas langsung oleh Antonius L. Ain Pamero, SH selaku Wakil Bupati Kapuas Hulu dan dihadiri oleh Letkol Kav. Budiman Dandim 1206/Psb.

Sementara itu berdasarkan data yang diperoleh, 10 Kecamatan yang mendapat bantuan bencana banjir adalah Kecamatan Bika, Jongkong, Selimbau, Suhaid, Semitau, Silat, Hilir,dan Bunut Hilir.(Budi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*