Dinas Perikanan Kapuas Hulu Patenkan Ikan Arwana Asli Kapuas

Ikan semah, sejenis ikan hias yang endemik sungai kapuas (dok. KM)
Ikan semah, sejenis ikan hias yang endemik sungai kapuas (dok. KM)

KALIMANTAN BARAT (KM) – Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Misalnya keanekaragaman hayati Bumi Uncak Kapuas yang terdapat ikan hias jenis arwana dan semah.

Dua jenis ikan hias ini merupakan khas endemik Bumi Uncak Kapuas. Agar tidak diklaim oleh daerah atau negara lain, kini Dinas Perikanan Kapuas Hulu tengah berusaha mematenkan dua jenis ikan yang asli didapatkan Bumi Uncak Kapuas.

Kepala Dinas Perikanan Kapuas Hulu, Rismawati mengatakan, ikan lokal asli Bumi Uncak Kapuas yang direncanakan untuk dipatenkan, arwana dan semah. “Rencananya tahun 2017. Karena 2016 kita belum melakukan penganggaran,” ungkapnya, Rabu (20/4/2016).

Advertisement

Risma – begitu Rismawati disapa – menyebutkan untuk memperoleh hak paten membutuhkan biaya sekitar Rp50 juta untuk satu jenis komoditas. Kalau dua jenis ikan, maka membutuhkan biaya Rp100 juta.

Kenapa mematenkan dua jenis ikan hias ini, kata Risma, karena saat ini Malaysia juga tengah gencar mempatenkan ikan arwana. Dengan mematenkan itu dapat memertahankan ikon dari Kapuas Hulu.

Program hak paten ikan lokal Kapuas Hulu terus dilakukan. Pasalnya Kapuas Hulu memiliki aneka ikan hias air tawar yang perlu mendapat hak paten. (Budi)

Advertisement
Komentar Facebook

1 Trackback / Pingback

  1. Dinas perikanan Kapuas Hulu patenkan ikan Arwana asli Kapuas – PERMAPI

Leave a comment

Your email address will not be published.


*