SMKN 1 Cibinong Gelar Farewell Meeting Dengan Pengajar Myanmar

SMKN 1 Cibinong Gelar Farewell Meeting Dengan Pengajar Myanmar (dok. KM)
SMKN 1 Cibinong Gelar Farewell Meeting Dengan Pengajar Myanmar (dok. KM)

BOGOR (KM) – SMK Negeri 1 Cibinong melakukan Farewell Meeting mengenai pertukaran pengajar yang berasal dari Negara Myanmar pada Rabu Kemarin. Sebanyak 5 pengajar yang berasal dari Mynmar telah mengikuti Pelatihan yang diselenggarakan di SMKN 1 Cibinong selama 3 Minggu. Dalam Pelatihan tersebut para peserta mempelajari mengenai metode pembelajar yang digunakan di Indonesia, yang kemudian akan menjadi acuan di Negara Myanmar.

Terpilihnya SMKN 1 Cibinong sebagai salah satu tempat terselenggaranya pertukaran pengajar ini sesuai kriteria yang diperlukan oleh Pemerintah Myanmar. Terselenggaranya pelatihan ini merupakan bentuk Perdamaian yang dilakukan Pemerintah Indonesia agar masyarakat Myanmar menghormati dan menjaga kerukunan terhadap suku Rohingya.

“Pelaksanaan pelatihan warga Negara Myanmar yang ada di SMK N 1 Cibinong ini yang pertama merupakan pembiayaan murni dari Pemerintah Indonesia, yang kedua pelaksanaan pelatihan ini dipilih sekolah tertentu yang bisa memenuhi kriteria yang diperlukan oleh Pemerintah Mynmar. Pelatihan ini membantu mereka dalam program pemerintah Indonesia, untuk medamaikan antara Suku Rohingya dan masyarakat Myanmar, Pemerintah Indonesia ingin membantu mereka dalam berbagai bidang,” kata Kepala Sekolah SMK N 1 Cibinong Zainal Abidin pada KM, Rabu (23/3/16).

Zainal menambahkan, bahwa bentuk pelatihan yang diselenggarakan ini salah satunya adalah dengan mendiklat Widyaiswara yang akan menularkan keahlian yang telah mereka dapatkan selama di Indonesia yang nantinya akan ditularkan terhadap guru-guru yang ada di Negara Myanmar. “Indonesia sudah lumayan maju dibanding Myanmar dan pendidikan kejuruan yang kami berikan disini nantinya akan mereka berikan kembali kepada tenaga pengajar di Myanmar sana” lanjut Zainal.

Advertisement

Salah satu peserta diklat asal Mynmar, Mr. Aung Nyi Nyi mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat menarik untuknya karena dapat mempelajari konsep dan kemampuan dengan mempelajari teknologi baru. Sebagai bukti nyata atas pelatihan ini pihaknya akan menghubungi para pengajar dan juga para pelajar di Myanmar untuk berbagi ilmu yang telah di dapat di Indonesia. Selain itu Mr. Aung Nyi Nyi juga mengucapkan rasa terima kasihnya terhadap berbagai pihak yang telah menggelar program pertukaran pengajar ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia khususnya SMKN 1 Cibinong ini, kami berharap ilmu yang kami dapatkan disini nantinya akan membawa Negara kami menjadi lebih baik lagi, dan kami sangat terharu bahwa Pemerintah Indonesia menganggap kami adalah saudara hingga membantu kami untuk lebih berkembang lagi.” terang Aung. (Sahrul)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*