Puskesmas Tenjolaya Adakan Safari KB Gratis

Warga Tenjolaya antusias merespon program KB gratis, Kamis 17/3 (dok. KM)
Warga Tenjolaya antusias merespon program KB gratis, Kamis 17/3 (dok. KM)

TENJOLAYA (KM) – Program Keluarga Berencana Nasional dicanangkan sejak tahun 1970, dan dikukuhkan dan diatur di dalam Undang-undang 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Dalam Undang-Undang ini, Keluarga Berencana didefinisikan sebagai upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan, dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Kamis (17/3) UPT Puskesmas Kecamatan Tenjolaya menggelar Safari Layanan KB Gratis bagi keluarga miskin untuk program Keluarga Berencana (KB) bekerja sama dengan badan kependudukan dan kelurga berencana nasional (BKKBN) Kabupagen Bogor, di aula UPT Puskesmas Tenjolaya.

Koodinator Bidan UPT Puskesmas Tenjolaya, Ai Tresnawaty menyatakan, antusias akseptor KB di Tenjolaya lumayan tinggi. Sebelumnya kegiatan ini juga telah dilakukan. Di hari pelaksanaan hari ini tercatat 45 akseptor, dan yang memasang IUD sekitar 15 orang, pelayanan KB gratis ini diberlakukan pada semua warganya yang tinggal di wilayah kerja UPT Puskesmas Tenjolaya.

Advertisement

“Pelayanan Safari KB gratis kali ini mencakup pemasangan IUD dan implan. Dari sini diharapkan upaya menekan laju pertambahan jumlah penduduk akan terlampaui. Terutama dengan menggandeng peran aktif masyarakat dengan membatasi kehamilan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Tenjolaya, Sahdi yang turut melakukan tinjauan berharap, kesempatan Safari Pelayanan KB ini bisa dimaksimalkan warga yang selama ini belum atau tidak tahu bagaimana membatasi kehamilan untuk menekan jumlah anak dalam keluarga.

“Safari akan dilanjutkan terus oleh UPT Puskesmas inti dengan mengajak peran aktif warga Tenjolaya dalam memaksimalkan waktu yang ada,” pungkasnya. (Dian Pribadi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*