PIN Polio 2016 Sasar 30.089 Bayi dan Balita di Kecamatan Cibinong

Posyandu di Cibinong berikan imunisasi polio kepada bayi dan balita pada Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016 (dok. kM)
Posyandu di Cibinong berikan imunisasi polio kepada bayi dan balita pada Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016 (dok. kM)

BOGOR (KM) – Ribuan bayi dan balita menyambangi posyandu dan puskesmas di Kecamatan Cibinong, Kamis (10/3/16) kemarin. Didampingi para orang tuanya, mereka mengikuti pekan imunisasi nasional (PIN) yang akan berakhir pada 15 Maret mendatang.

Sebanyak 30.089 bayi dan balita menjadi sasaran pemberian vaksin yang bertujuan melindungi diri mereka dari penyakit polio atau dikenal penyakit lumpuh layu. Pemerintah Kecamatan Cibinong menyiapkan 211 Pos PIN Polio di Cibinong, dengan 48 orang tenaga kesehatan dan Kecamatan serta ratusan petugas PIN.

“Cakupan target yang hadir mencapai 97 persen dari hari pertama hingga hari ketiga ini,” kata Sekretaris Kecamatan, Andri Rahman kepada KM.

Selain itu, sambungnya, puskesmas juga nantinya akan melakukan sweeping ke setiap desa untuk menyisir dan memastikan bagi bayi maupun balita yang belum melakukan imunisasi.

“Jangan khawatir bagi orang tua, imunisasi polio ini aman bahkan sangat bermanfaat bagi anak bayi dan balita tenyang PIN Polio ini untuk menghindari penyakit lumpuh layu yang dianggap sangat merugikan oleh siapapun,” tegasnya.

Terpisah, Camat Sukajaya Nana Mulyana menambahkan, PIN sangat penting dilakukan untuk memberantas penyakit polio dabin atau polio liar. Ada ratusan kader posyandu dan tenaga kesehatan puskesmas, diterjunkan di setiap titik pos yang ditentukan.

Serta puluhan anggota Sat Pol PP dan linmas juga ikut dikerahkan untuk membantu pengamanan.

“Pemerintah kecamatan telah melakukan kordinasi lintas sektoral dengan beberapa instansi dan muspika. Sehingga pencanangan PIN polio ini bisa berjalan optimal sesuai yang diharapkan,” terangnya.

“Imunisasi penting dan harus diberikan kepada seluruh balita di Kecamatan Cibinong karena manfaatnya bisa dirasakan baik jangka pendek maupun jangka panjang, serta dapat mengurangi biaya kesehatan,” tukasnya. (Sahrul)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*