Pembuatan Furnitur, Usaha Kreatif dari Limbah Kayu

Wirausaha membuat furnitur dari limbah kayu di bilangan Bojonggede, Bogor (dok. KM)
Wirausaha membuat furnitur dari limbah kayu di bilangan Bojonggede, Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Berwirausaha tidak selalu membutuhkan modal berupa uang. Kemampuan berkreasi, keahlian berspekulasi dan kejelian melihat pasar menjadi modal utama dalam membangun sebuah usaha mandiri. Beberapa macam-macam usaha rumahan yang saat ini sedang ramai di masyarakat. Wirausaha menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang kesulitan mendapatkan pekerjaan idaman di kantor.

Industri Rumahan Dari Limbah Kayu

Lokasi tersebut terletak di Kampung Waringin Jaya Rt 01/Rw 03, Desa Waringin Jaya Bojong Gede Bogor.
Ada 10 pengrajin di sini yang menggeluti usaha sejenis, mulai dari produksi lemari, meja belajar, meja televisi dan perabot rumah tangga lainnya dari kayu. Rata-rata dari mereka memasarkan produknya dengan berkeliling menggunakan mobil bak terbuka, ada juga yang didistribusikan ke toko-toko furniture.

Para pengrajin berangkat pagi dini hari ke kota Bogor dan juga kota-kota tetangga seperti Karawang, Bekasi, Tangerang, Depok, Jakarta, bahkan Sukabumi dan Bandung sampai pulang tengah malam.

Advertisement

Yusuf, salah seorang pengrajin di daerah itu sudah selama 5 tahun menggeluti usahanya. “Alhamdulillah bisa untuk menafkahi keluarga,” tutur bapak 3 orang anak ini saat di temui Kupas Merdeka.

Adapun bahan-bahan menurutnya dibeli dari limbah kayu pabrik Olympic. Upaya mendaur ulang limbah ini pun bisa menyerap tenaga kerja tetangga sekitar. Harga rata-rata dari barang produksinya sekitar Rp. 150.000 per jenis barang. Namun demikian, selain ready stock calon pembeli juga bisa memesan barang yang sesuai dengan keinginan secara cuztomize,” pungkasnya. (Aditia/Faizal/Rafa)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*