BPPKB Promosikan Program Generasi Berencana Melalui Pemilihan Duta Remaja

Pemilihan Duta Remaja dan Mahasiswa oleh BPPKB, Senin 29/2 (dok. KM)
Pemilihan Duta Remaja dan Mahasiswa oleh BPPKB, Senin 29/2 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pelajar dan Mahasiswa se-Kabupaten Bogor mengikuti Pemilihan Duta Remaja dan Duta Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bogor, 29/02.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk sosialisasi program Generasi Berencana (Genre) di kalangan mahasiswa dan remaja serta meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku mahasiswa dan remaja untuk berkarakter sehat dan berbudi luhur, guna terwujudnya program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja sebagai bagian penting dalam mewujudkan norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mempromosikan Program GenRe melalui figur Duta Mahasiswa, menumbuh dan mengembangkan Pusat Informasi & Konseling Remaja, menyiapkan figur mahasiswa untuk menjadi model, contoh dan teladan bagi teman mahasiswa sebaya dan masyarakat serta menyiapkan mahasiswa yang berperilaku sehat dan berakhlak mulia.

Kabid Keluarga Sejahtera, DR. Eni Irawati memaparkan, sebanyak 50 peserta Duta Mahasiswa dan Duta Remaja yang mengikuti seleksi pemilihan akan diberikan materi yang menjadi acuan untuk pemilihan Duta Mahasiswa dan Duta Remaja, fungsi keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) Triad KRR (Seksualitas, Napza dan HIV/Aids); Life Skill; Program Kependudukan dan Keluarga Berencana di Indonesia.

Dengan adanya pemilihan duta Mahasiswa dan Remaja, diharapkan bisa memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat dan remaja tentang bahaya pergaulan bebas dan bahaya nikah di usia dini, karena masih banyak remaja yang nikah di usia dini.

Dalam ajang pemilihan ini, ada beberapa kriteria untuk mengikuti pemilihan Duta Mahasiswa. “Iya kita seleksi mulai dari tinggi badan, skill dan cakap berbicara. Kami juga mendatangkan dewan juri dari BPPKB Provinsi Jawa Barat agar seleksi ini ke depannya bisa membawa Duta Mahasiswa ke tingkat Nasional,” pungkasnya.

Menanggapi Pemilihan Duta Remaja, Ketua Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Kabupaten Bogor, Imam Sunandar mengatakan, “Mudah mudahan dalam ajang pemilihan ini akan terbentuk para remaja yang mandiri, aktif dan berperan untuk masyarakat, dan saya mendukung acara ini, karena para remaja saat ini harus bisa berperan dalam segala bidang, termasuk memberikan penegertian dan pemahaman terhadap bahaya kenakalan remaja, termasuk yang rame sekarang tentang virus LGBT.” (Farid)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*