Musim Penghujan Tiba, BPBD Kabupaten Bogor Siaga 1

BPBD Kabupaten Bogor (stock)
BPBD Kabupaten Bogor (stock)

BOGOR (KM) – Memasuki musim penghujan pada awal tahun 2016 ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menghimbau agar masyarakat selalu waspada karena curah hujan diprediksi akan terus mengguyur wilayah Bogor hingga akhir Maret mendatang.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran BPBD Kabupaten Bogor, Budi Aksomo menjelaskan, diprediksi musim hujan akan terus terjadi dari awal Februari hingga akhir Maret. Hal itu diperoleh atas informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kepada pihaknya.

“BMKG sudah menginformasikan kepada kami, kemungkinan untuk wilayah Bogor dan sekitarnya akan terus diguyur hujan selama Maret,” ujarnya kepada KM, Selasa (01/03/2016).

Menurut Budi, segala persiapan sudah dilakukan oleh tim BPBD Kabupaten Bogor seperti personel yang disiagakan lebih banyak, logistik, hingga peralatan jika terjadi bencana. Selain itu, sambung dia, pihaknya juga telah menyiagakan sedikitnya 30 personel tim reaksi cepat (TRC) yang siaga selama 24 jam guna diterjunkan ke lokasi bencana.

“Tanpa di warning pun kami selalu siap. Yang penting informasi bisa cepat masuk ke kami jika terjadi bencana agar bisa segera ditangani. Jadi kami mengharapkan terhadap masyarakat Kabupaten Bogor khususnya bila mengetahui ada bencana didaerah nya itu bisa langsung menginformasikan kepada kami secepatnya,” terangnya.

Lebih lanjut Budi menambahkan, Untuk Kabupaten Bogor sendiri lokasi yang rawan longsor tersebar di sejumlah titik seperti di wilayah Bogor Timur, Utara dan bagian Selatan.

“Bencana alam kerap terjadi di tiga kawasan tersebut, lantaran kondisi wilayahnya banyak perbukitan sehingga menjadi rawan longsor,” tukasnya. (Sahrul)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*