Lestarikan Budaya Bangsa, Dompet Dhuafa Gelar Festival Pencak Silat

Peserta FEstival Silat Dompet Dhuafa, Kemang 27/3 (dok. KM)
Peserta FEstival Silat Dompet Dhuafa, Kemang 27/3 (dok. KM)

KEMANG, BOGOR (KM)– Dalam rangka bersumbangsih dan ikut ambil bagian melestarikan budaya bangsa, Dompet Dhuafa Zona Madinah menggelar Festival Pencak Silat yang digelar di kampung silat Jampang yang diikuti 20 perguruan silat yang ikut ambil bagian dari Jabodetabek, Minggu,(27/3).

Anwar, salah seorang pesilat dari perguruan betsi menerangkan, dirinya sangat antusias mengikuti festival. “Saya senang dengan adanya festival ini karena menurut saya silat salah satu ilmu beladiri asli Indonesia juga banyak ragamnya, saya berharap kegiatan ini akan digelar secara rutin,” terang Anwar kepada Kupas Merdeka.

Sementara Daswara Sulanjana, Camat Parung, yang juga sebagai tokoh silat Kabupaten Bogor menerangkan bahwa Bogor juga mempunyai aliran silat yang asli Bogor. “Perlu diketahui Bogor memiliki aliran silat tersendiri dan itu ada dua aliran, yang pertama silat Cimande dan yang kedua silat Sera. Kegiatan yang di fasilitasi oleh Dompet Dhuafa ini sangat luar biasa sebagai wujud cinta budaya bangsa,” terang Daswara.

Advertisement

Sementara Ahmad Juwaini selaku pihak penyelenggara memaparkan bahwa Festival rutin diadakan setiap tahun. “Kami selenggarakan festival silat setiap tahun dan ini kali ke tiga, di Dompet Dhuafa ada perguruan silat dengan nama Kampung Silat, saya inginkan generasi muda tetap mempelajari seni bela diri silat, katena silat sudah mendunia jadi jangan sampai kita selaku pemilik belajar dari bangsa lain,” paparnya. (Dian Pribadi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*