Jalan Lingkungan Pemkab rusak, DBMP Tidak Tahu Siapa yang Memperbaiki

Jalanan yang rusak di lingkungan perkantoran Pemkab Bogor, Cibinong (dok. KM)
Jalanan yang rusak di lingkungan perkantoran Pemkab Bogor, Cibinong (dok. KM)

BOGOR (KM) – Jalan di kawasan Pemerintahan Kabupaten (PemKab) yang selalu berlubang tak kunjung diperbaiki, tepatnya di Jalan Nyaman, Cibinong kabupaten Bogor. Jalan tersebut seolah tidak diperhatikan dan selalu rusak, padahal kawasan tersebut menjadi pusat lalu lalang ke perkantoran pemerintahan, terutama Dinas Pendidikan, gudang Dinas Kesehatan, Kantor Layanan Pengadaan Barang/Jasa (KLPBJ) dan samping kantor Samsat.

Pemeliharaan jalan sudah menjadi kewenangan Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP), yang menangani jalan rusak. Uniknya, Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan dan Rehabilitasi (Bangreh), Adji Sukmadjaja, tidak mengetahui siapa yang akan mengerjakan perawatan jalan tersebut. “Kawasan perkantoran, kita gak tau, apakah itu masuk ke dalam pemeliharaan inventaris kita atau belum. Tanggung jawab Pemkab, ada kewenangan dalam pemeliharaan, dalam perbaikan,” terang Adji, kepada KM 28/03/2016.

Adji mengungkapkan ketidaktahuannya perihal perawatan di lingkungan Pemkab. “Bisa dibilang jalan lingkungan lah, apakah itu sudah masuk ke inventaris kita, kalo masuk ke inventaris kita, berarti itu tanggung jawab kita untuk perbaikan, pemeliharaan. Kalo tidak ya kita gak tau, kan di pemda juga ada bagian perlengkapan atau apa ya, kan disana Pemda juga ada, jadi kita belum tau,” katanya.

Advertisement

“Saya gak bisa jelaskan bukan atau iya (tanggung jawab DBMP -red), karena harus lihat dulu inventaris, masuk gak jalan itu di dalam inventaris kita. Kalo masuk di dalam inventaris kita, jelas itu harus dipelihara oleh kita (DBMP -red), kalo gak masuk ya gak tau itu mah Pemda urusannya,” terang Adji. Namun inventaris yang dimaksud tidak diperjelas.

“Kan saya bilang tadi, ada kewenangan-kewenangan. Jalan desa ya kewenangan desa, apalagi sekarang ada ADD, jalan provinsi ya provinsi, jalan kabupaten ya kabupaten,” ujar Adji. (Tengku YusRizal)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*