Akibat Longsor, Jalur KA Bogor-Sukabumi Ditutup Selama 3 Hari

Longsor di bawah rel kereta lintasan KA Bogor-Sukabumi sebabkan rel menggantung dan jalurnya ditutup selama 3 hari (dok. KM)
Longsor di bawah rel kereta lintasan KA Bogor-Sukabumi sebabkan rel menggantung dan jalurnya ditutup selama 3 hari (dok. KM)

BOGOR (KM) – Perusahaan PT Kereta API Indonesia (KAI) menghentikan sementara operasional Kereta Pangrango jurusan Sukabumi-Bogor akibat jalur lintasan kereta tersebut tertutup material longsor.

Humas PT KAI Daops I, Bambang S Prayitno saat dikonfirmasi mengatakan bahwa material longsor menutup lintasan di KM 11 pada Minggu (20/3/2016) sekitar pukul 17:45 WIB.

“Lintasan sempat dibersihkan dari meterial longsoran, tapi kembali terjadi longsoran sekitar pukul 19.00 WIB,” ujar Bambang saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Senin (21/03/2016).

Bambang juga memperkirakan, pembersihan material longsor akan selesai tiga hari kedepan. Menurutnya, perlintasan di KM 11+9 amblas sehingga rel sepanjang 15 meter menggantung dengan kedalaman longsor kurang lebih 10 meter.

“Untuk sementara jalur Sukabumi-Bogor ditutup selama 3 hari,” ungkapnya.

Saat peristiwa longsor, pemberangkatan kereta lokomotif tujuan Sukabumi pada pukul 19:05 WIB Minggu malam harus dihentikan.

PT KAI menyarankan kepada penumpang yang sudah membeli tiket pemberangkatan Senin hingga Rabu untuk menukarkan kembali ke loket stasiun.

“Mudah-mudahan bisa selesai dalam waktu yang lebih cepat,” harap Bambang.

Kereta jurusan Bogor-Sukabumi setiap harinya melayani penumpang dalam tiga kali pemberangkatan, yakni pada pukul 08:05, 13:40, dan 19:05 WIB. Sedangkan pemberangkatan dari Sukabumi menuju Bogor mulai 05:00, 10:40, dan 16:20 WIB. (Aril/Wawan)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*