22 Maret, Presiden Jokowi akan Resmikan Jembatan Tayan

Jembatan Tayan menyeberangi sungai Kapuas, akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Maret 2016.
Jembatan Tayan menyeberangi sungai Kapuas, akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Maret 2016.

KALIMANTAN BARAT (KM) – Gubernur Kalimantan Barat, Drs.Cornelis MH, mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini Presiden RI Joko Widodo akan meresmikan Jembatan Kapuas Tayan.

“Saya mendapat SMS kalau Bapak Presiden Joko Widodo akan ke Kalimantan Barat pada tanggal 22 Maret, untuk meresmikan Jembatan Tayan,” ungkap Cornelis saat menghadiri Rapat Kerja Cabang (Rakercab) PDI Perjuangan Landak pada Kamis 17/3.

Namun Cornelis sampai saat ini belum memberikan atau mengusulkan apa nama Jembatan yang saat ini menjadi destinasi wisata baru di Kalimantan Barat tersebut. Saat ini jembatan tersebut sudah digunakan untuk lalu lintas menggantikan ferry penyeberangan Tayan-Piasak Kabupaten Sanggau.

Seperti diketahui, Jembatan Tayan mulai dibangun 19 September 2012. Jembatan yang memiliki panjang 1,5 km. Jembatan tersebut dibangun oleh kontraktor China Road and Bridge Corporation dengan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Jembatan ini membentang di atas Sungai Kapuas dengan panjang total 1,42 km dan terbagi atas 2 jembatan yakni jembatan pertama sepanjang 280 meter dengan lebar 11,5 meter, dan Jembatan kedua 1.140 meter dengan lebar 11,5 meter.

Seperti yang pernah dilansir oleh beberapa media sebelumnya, jika benar informasi tersebut, orang nomor satu di Kalbar itu mengundang masyarakat untuk hadir ke Tayan menyaksikan peresmian salah satu karya Ttrbesarnya dalam membangun Bumi Khatulistiwa Kalimantan Barat. (abdullah/budi/kamarsyah)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*