Sambut Hari Pers, Sekber Wartawan Bogor Terus Junjung Profesionalitas Idealisme Jurnalis

Ketua Umum Sekber Wartawan Bogor H. Danang memberikan Sambutan pada syukuran HPN Sekber Wartawan Bogor, Kamis 11/2 (dok. KM)
Ketua Umum Sekber Wartawan Bogor H. Danang memberikan Sambutan pada syukuran HPN Sekber Wartawan Bogor, Kamis 11/2 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Profesionalitas dan idealisme harus terus dijunjung tinggi oleh seorang jurnalis sebagai sebuah jawaban atas tantangan ketatnya persaingan dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Sekertariat Bersama (Sekber) Wartawan Bogor, H. Danang Donoroso, saat menggelar Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di kantor serketariat Sekber wartawan harian Bogor di Jl. KSR Dadi Kusumayadi, Kamis (11/2/16).

“Seluruh wartawan yang ada di Bogor, harus tetap mengedepankan profesional dan idealisme sebagai jurnalis dalam memberikan informasi yang aktual serta faktual. Karena keterbukaan informasi saat ini, menjadi tantangan yang harus bisa dijawab oleh para jurnalis,” ujarnya.

Kontrol sosial terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten dan Kota Bogor menurut dia, juga harus diutamakan oleh para insan pers. Itu dimaksudkan olehnya, agar masyarakat Bogor juga bisa mengetahui berbagai hal tentang kinerja pemerintahan.

“Juga tetap menjadi kontrol sosial, serta menjadi jembatan informasi antara pemerintah dengan masyarakat,” ujar Danang.

Pada kesempatan itu, mantan Ketua PWI Kabupaten Bogor itu juga mengkritisi Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), yang dianggapnya bersikap tidak transparan kepada awak media dalam memberikan berbagai informasi kegiatan kinerja pemerintah.

Advertisement

“Seharusnya baik Diskominfo Kabupaten Bogor bisa menjadi rekan yang baik dengan para awak media, jangan seperti sekarang ini yang bersikap seperti antipati kepada media. Mereka juga harus transparan mengenai berbagai kegiatan pemerintah,” kritiknya.

Sementara itu, Komandan Resort Militer 061 Surya Kencana Kolonel Inf. Fulad yang juga menghadiri acara tersebut meminta kepada awak media dan insan pers yang ada di Bogor, bisa menjadi rekan yang baik dengan Muspida maupun Muspika.

“Saya selalu menganggap para jurnalis ini sebagai sahabat. Karena, dari insan media inilah kita bisa mengetahui berbagai hal yang belum tentu kita dapatkan. Untuk itu, saya berharap jalinan kerjasama antara Muspida, Muspika dan juga jurnalis bisa berjalan dengan baik dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” pungkasnya. (Wawan/aril/Faizal)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*