Bermodalkan Uang Tabungan Jaro Somad Wujudkan Impian Masyarakat

Jaro Somad, Kades Sukamulih, Kecamatan Sukajaya Kab. Bogor (dok. KM)
Jaro Somad, Kades Sukamulih, Kecamatan Sukajaya Kab. Bogor (dok. KM)

SUKAJAYA, BOGOR (KM) – Sikap peduli, jujur, sederhana dan gemar membangun di lingkungan desanya, itulah beberapa sikap yang terlihat dari Kepala Desa Suka Mulih Rukmana Somad atau yang lebih akrab di panggil Jaro Somad.

Dengan lebih mengedepankan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadi, dia buktikan salah satunya yang sekarang dia kerjakan bersama masyarakat, yaitu membangun jalan di Kàmpung Lebak Lame RT 03/04 dengan panjang 450 × 3 m dan pengerjaan Tembok Penahan Tebing (TPT) sepanjang 100 m.

Dari hasil tabungan sisa anggaran Dana Desa tahun 2015 dapat terkumpul sebesar Rp. 60.000.000, dan bermodalkan uang tersebut dia bermusyawarah dengan masyarakat untuk membangun jalan kampung Lebak Lame. Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun jalan tersebut sebesar Rp. 140 juta, sehingga sisa kebutuhan untuk membangun jalan dikumpulkan melalui swadaya masyarakat.

“Setiap terminnya anggaran Dana Desa ada sisa sekitar Rp. 20.000.000, uang tersebut saya paksakan untuk ditabung dan sekarang saya gunakan untuk pembangunan jalan di kampung Lebak Lame yang merupakan akses vital bagi warga untuk beraktifitas dan salah satu penentu dalam peningkatan pendapatan masyarakat” tutur Jaro Somad.

Advertisement

Jaro Somad juga menjelaskan bahwa pembukaan dan pengerasan jalan ini memang telah lama didambakan oleh warga dan setidaknya dia telah mewujudkan impian warganya dalam kenyamanan dan keamanan dalam beraktifitas melalui jalan ini.

Wirya (69) salah satu warga Kampung Lebak Lame mengatakan kepada awak media Kupas Merdeka, “saya merasa puas atas kinerja Jaro Somad yang cepat tanggap atas aspirasi masyarakatnya terkait pembangunan infrastruktur terutama jalan Kampung Lebak Lame yang dulu hanya jalan setapak dan sekarang Alhamdulillah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, ” tuturnya.

“Saya bangga kepada kades Sukamulih (Jaro Somad -red), dan yang lebih penting tingkat akuntabilitas terhadap keuangan APBDes sangat jelas dan transparan kepada masyarakatnya dan itu sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat Sukamulih. Beliau lebih mengedepankan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadinya. Kades Sukamulih Kecamatan Sukajaya adalah salah satu Kades dari 11 kades yang ada di Sukajaya.
Pribadinya sangat sederhana, jujur dan gemar membangun di lingkungan desanya,” tegas Camat Sukajaya, Mulyana ketika di pintai komentar via media Whatsapp. (Junaedi/Dian Pribadi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*