BACO Soroti Dugaan Pungli Urus Surat Tilang

Masyarakat mengurus tilang di Polres Bogor, Cibinong (dok. KM)
Masyarakat mengurus tilang di Polres Bogor, Cibinong (dok. KM)

BOGOR (KM) – Keluhan masyarakat terkait pengurusan surat tilang di Kabupaten Bogor juga menjadi perhatian serius ketua Bogor anti corruption organisation (Baco), Rahmatullah.

Menurut dia, seharusnya masyarakat harus dipermudah dalam mengurus surat tilang bukan malah sebaliknya masyarakat dibuat bingung dengan nilai denda yang bervariatif.

“Yang terjadi justru masyarakat dibikin bingung, yang seharusnya sidang di tanggal yang sudah ditentukan di pengadilan negeri Cibinong, namun ternyata berkas surat tilang belum diserahkan dari Polres Bogor,” kata Rahmatullah kepada KM, Senin (22/2/16).

Selain itu kata dia, ada kejanggalan yang menjadi point perhatian serius bagi denda tilang. “Masyarakat yang mengurus surat tilang ke PN hanya dikenakan tarif 25-30 ribu rupiah untuk sepeda motor sementara jika mengurus ambil surat tilang di Bagian BAUR Tilang bisa sampai 80 ribu rupiah, tentu hal ini membingungkan seperti ada permainan,” tuturnya.

Dirinya berharap, ada mekanisme yang jelas bagai mana tata cara mengurus surat tilang baik di PN atau di Polres Bogor, dan tidak ada kesan lagi titipan seperti yang sudah menjadi rahasia umum dikalangan tertentu.

Sementara saat KM mengkonfirmasikan hal ini pada Kapolres Bogor, Suyudi Aryo Seto pada Senin 22/2, dirinya mengatakan, sebagai bahan masukan akan dioptimalkan kembali pengurusan terkait tilang. (Wawan/aril)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*