10 Persen Pejabat Eselon Pemkab Bogor Belum Menyerahkan Laporan Kekayaan

Kepala Inspektorat Kab Bogor, Didi Kurnia (dok. KM)
Kepala Inspektorat Kab Bogor, Didi Kurnia (dok. KM)

BOGOR (KM) – Jelang satu bulan batas akhir penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor masih ada 10 persen di antaranya yang belum menyerahkan ke pihak Inspektorat Kabupaten Bogor.

Kepala Inspektorat Kabupaten Bogor, Didi Kurnia mengatakan, terkait LHKASN yang masih belum dilaporkan oleh para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Pemkab Bogor, tinggal masih sekitar 10 persen saja, sedangkan batas waktunya masih cukup lumayan lama sekitar satu bulan lagi.

“Kurang lebih 90 persen sudah menyerahkan. Sisanya hanya 10 persen yang belum, hal itu karena terkendala jarak dan kebanyakan sekretaris desa-desa yang ada di pinggiran Kabupaten Bogor,” terang Didi Kurnia kepada KM, Rabu (24/02/16).

Didi menambahkan, batas akhir penyampaian LHKASN itu pada tanggal 31 Maret mendatang dan PNS harus menyelesaikan hal itu atau akan diberikan sanksi.

“PNS  yang wajib menyerahkan LHKASN ini hanyalah yang menduduki eselon V, IV dan III saja dan jumlahnya sekitar 1.600 pegawai,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, jika hingga 31 Maret masih ada ASN yang membangkang, maka sanksinya diberikan langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia.

“Sanksi sesuai PP 53 Tahun 2010 Ten­tang Disiplin PNS, mulai dari sanksi ringan berupa teguran sampai yang berat seperti penundaan kenaikan pangkat,” tegasnya.

Selain itu, sambung Didi, desakan untuk segera melaporkan LHKASN ini sudah jelas tertuang dalam surat edaran pemerintah pusat dan peraturan bupati (Perbup) Kabupaten Bogor.

“Dimana LHKASN ini harus tuntas, kami juga sudah edarkan ke seluruh kepala SKPD supaya mengingatkan bawahannya untuk segera melaporkan harta kekayaannya itu,” tukasnya. (Sahrul)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*