Pemerintah Kabupaten Bogor Berikan Pemahaman Tentang RUP dan Monev Online

Sosialisasi RUP dan Monev Online untuk tahun anggaran 2016 yang diadakan PemkabBogor di Hotel Grand Ussu, Cisarua (dok. KM)
Sosialisasi RUP dan Monev Online untuk tahun anggaran 2016 yang diadakan PemkabBogor di Hotel Grand Ussu, Cisarua Rabu 20/1 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengadakan sosialisasi dan fasilitasi pendampingan penyusunan rencana umum pengadaan (RUP) dan monitoring dan evaluasi (Monev) online tahun 2016, yang di buka langsung oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Benny Delyuzar, yang bertempat di ruang rapat hotel Grand Ussu, Kecamatan Cisarua, pada Rabu (20/1) kemarin.

Menurut Benny, berdasarkan laporan hasil evaluasi tahun anggaran 2015, tercatat jumlah 88 admin RUP telah mempublikasikan rencana umum pengadaan ke dalam sistem informasi rencana umum pengadaan (SIRUP) LPSE Kabupaten Bogor per kondisi 31 Desember 2015 sebanyak 81 Admin RUP atau sebesar 92,05% baik melalui paket penyedia maupun swakelola.

“Dari total RUP yang diinput belum sepenuhnya sesuai dengan pagu APBD pada DPA masing-masing SKPD dan sebanyak 7 Admin RUP tidak menginput RUP ke dalam SIRUP atau sebesar 7,19%,” ungkapnya.

Ditambahkannya, adapun manfaat publikasi RUP dapat diklasifikasikan menjadi 3 kriteria yaitu bagi instansi,penyedia dan masyarakat luas. Ia juga mengingatkan pada tahun anggaran 2016 kecamatan sudah menjadi OPD penuh dan anggaran untuk Kecamatan dinaikkan sebesar 20%,maka pelaksanaan kegiatan fisik agar berkoordinasi dengan OPD teknis terkait dengan pencairan agar berkoordinasi dengan DPKBD.

Advertisement

“Pengawasan dengan inspektorat berkaitan dengan pelaksanaan pengadaan barang/jasa agar intens berkoordinasi dengan KLPBJ, sehingga perlu mendapat perhatian,agar aparat Kecamatan tidak bermasalah di kemudian hari,” imbuhnya.

Sementara itu, Yayat Supriatna sebagai Kabag Pembangunan menjelaskan maksud dan tujuan acara tersebut yaitu mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan penyusunan RUP dalam Sirup dan Monev online pada SISMON Tepra OPD, Kecamatan dan bagian pada sekretariat daerah dan memberikan gambaran tentang kebijakan pemerintah pusat, provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bogor terkait dengan penyusunan RUP dalam SIRUP dan Monev online dalam Sismon Tepra. Sosialisasi dan fasilitasi tersebut diisi oleh M. Iskandar, Kepala Sub Direktorat Perencanaan pengadaan lembaga kebijakan pengadaan barang, Setyanto, kepala sub direktorat monitoring dan evaluasi, dan Marjati, Kepala Seksi Pengelolaan situs web Pemerintah daerah Kabupaten Bogor. (Sahrul)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*