Kades Sirnagalih: Tanamkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat

Kades Sirnagalih Amat Suparta pada acara penyuluhan kebersihan dan penyerahan gerobak sampah sebagai bantuan desa pada warga Desa Sirnagalih, Kecamatan Tamansari (dok. KM)
Kades Sirnagalih Amat Suparta pada acara penyuluhan kebersihan dan penyerahan gerobak sampah sebagai bantuan desa pada warga Desa Sirnagalih, Kecamatan Tamansari (dok. KM)

TAMANSARI (KM) – Pola hidup bersih dan sehat di lingkungan untuk menunjang kesehatan harus ada dukungan dari pemerintah dan masyarakat itu sendiri. Diantara kebiasaan yang diupayakan untuk ditumbuhkan dalam masyarakat adalah kesadaran bahwa kebersihan lingkungan hidup bisa diciptakan dengan pola tidak buang sampah sembarangan. Terkadang pada saat sehat lupa akan nikmatnya menjadi sehat dan ketika sakit baru akan tersadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga.

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkomsumsi makanan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam aktivitas kita masing-masing sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak bersih atau tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah demam berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian. Demam berdarah ini biasanya terjadi akibat lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat.

Diantara inisiatif yang dilakukan oleh pihak pemerintahan adalah program Penyuluhan Pola Hidup Bersih oleh Kepala Desa Sirnagalih, Amat Suparta, di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. “Penyuluhan Pola hidup bersih akan kita tingkatkan dengan salah satunya pemberian gerobak sampah untuk diberikan di setiap RW. Program di tahun 2015 sudah kita jalankan dan di awal tahun 2016 kita akan terus berupaya agar masyarakat menjaga kebersihan dan tidak buang sampah sembarangan, dan harus ada sanksi moral ketika warga Sirnagalih yang buang sampah sembarangan. Harapan untuk desa yang bersih dan sejahtera perlu melibatkan semua unsur dan elemen masyarakat. Semoga tidak hanya di Desa Sirnagalih saja yang menciptakan lingkungam bersih. Selama ini pola penanganan sampah sudah cukup baik, dengan cara pembuangan sampah ke tempat Pembuangan Sampah (TPS) atau ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) karena kita sudah kerja sama dengan DKP, tapi masih ada masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan. Kita akan terus sosialisasi dan menghimbau untuk tidak buang sampah sembararangan,” papar sang Kades kepada wartawan Kupas Merdeka.

Masih di tempat yang sama, pakar kesehatan dr. Neti memaparkan, “kesadaran masyarakat untuk tidak buang air besar ke kali masih rendah, karena itu kita juga menghimbau agar masyarakat bisa menjaga kebesihan”. ( Farid )

Leave a comment

Your email address will not be published.


*