Kabupaten Kapuas Hulu Persiapkan Pilkades Serentak

Kasubbid Administrasi Desa di Putussibau, Kab. Kapuas Hulu, Lamun (dok. KM)
Kasubbid Administrasi Desa di Putussibau, Kab. Kapuas Hulu, Lamun (dok. KM)

PUTUSSIBAU, KALBAR (KM) – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Kapuas Hulu tengah aktif mempersiapkan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan diadakan tidak lama lagi. Diantara langkah antisipasi yang diambil adalah persiapan menghadapi masalah sengketa dalam pemilihan kepala desa.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Sub Bidang Administrasi Desa di BPMPD Kapuas Hulu, Lamun, kepada wartawan Kupas Merdeka. “Untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dalam sengketa Pilkades, sampai saat ini kami sedang mempersiapkan diri, seperti pembuatan aturan – aturan. Kalau ada sengketa Pilkades serentak, harus diselesaikan di Kantor BPMPD, tidak boleh dibawa ke Pengadilan. Makanya saat ini kita persiapkan aturan untuk mengantisipasi sengketa,” ungkap Lamun di ruang kerja Kepala BPMPD, Sabtu (23/01/2016).

Ia juga menuturkan bahwa pihaknya juga berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (forkopimcam) bagi tiap-tiap kecamatan untuk menghindari timbulnya konflik. “Pokoknya jangan sampai ada nego-nego, penyelenggaran Pilkades harus sesuai dengan aturan yang sudah ada. Kalau ada nego-nego, justru nantinya akan menimbulkan konflik,” sindirnya.

Advertisement

Dirinya menegaskan bahwa peraturan yang ada berkenaan dengan persyaratan kepala desa sudah pakem dan tidak bisa di negosiasi. “Untuk usia calon Kades, sesuai dalam aturan yaitu dari usia 25 sampai 60 tahun. Kalau misalnya usianya kurang satu hari, maka tidak boleh. Karena sudah ada aturannya. Oleh karena itu, diminta kepada pihak-pihak terkait untuk menjalankan aturan yang sudah ada. Bagi yang mau mencalonkan diri sebagi Kades, agar mentaati aturan juga. Jangan ada nego-nego,” pungkasnya.

Adapun anggaran untuk penyelenggaran Pilkades di kabupaten Kapuas Hulu seluruhnya berjumlah Rp. 1,7 milyar untuk 74 Desa. (budi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*