Bupati Bogor Minta Para Kades Kelola Kucuran Dana Ke Desa Dengan Optimal

Bupati Bogor Hj Nurhayanti melantik Kades Banyuresmi, Kecamatan Cigudeg, di Pendopo Bupati, Selasa 5/1 (dok. KM)
Bupati Bogor Hj Nurhayanti melantik Kades Banyuresmi, Kecamatan Cigudeg, di Pendopo Bupati, Selasa 5/1 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Bupati Bogor Nurhayanti melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa (Kades) masa bakti periode tahun 2015-2019 di Pendopo Bupati Bogor, Selasa (5/1), untuk Kades baru Banyuresmi Kecamatan Cigudeg, Qomaruddin.

Ia menegaskan kepada Kades terpilih untuk segera mempelajari rencana pembangunan jangka menengah desa dan rencana kerja pembangunan desa untuk kemudian dipedomani dalam implementasinya. Termasuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) harus dikelola secara transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

“Karena dalam pengelolaan anggaran ini tidak bisa dilakukan dengan main-main, karena akan ada pengawasan, evaluasi dan diaudit langsung oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” tegas Nurhayanti pada Kupas Merdeka, Selasa (5/1/16) pagi.

Ia menambahkan, artinya tugas, fungsi, dan kewenangan Kades dalam penyelenggaraan pemerintah desa harus dijalankan dengan penuh perhitungan, tanggung jawab dan tertib administrasi. Terutama alokasi anggaran bagi kepentingan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Desa Banyuresmi.

“Untuk itu para Kades harus berupaya membangun kualitas diri, jujur, cerdas, disiplin serta memiliki kepedulian dan jiwa sosial yang tinggi terhadap masyararakat yang dipimpinnya,” terangnya.

Nurhayanti juga menekankan, mengingat banyaknya bantuan yang akan diperoleh oleh pemerintah desa baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun Kabupaten Bogor. Untuk itu program pembangunan harus dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

“Dalam pengelolaan pembangunan di desa, para Kades harus berorientasi pada hasil yang maksimal sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Agar masyarakat yakin bahwa aspirasinya didengar dan dipertimbangkan dengan baik,” tukas. (Sahrul)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*