Tahun Baru, Wisatawan Keluhkan Kenaikan Retribusi Wisata Gunung Salak

Pintu masuk Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Pamijahan (dok. KM)
Pintu masuk Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Pamijahan (dok. KM)

PAMIJAHAN (KM) – Libur panjang akhir tahun menikmati keindahan alam bersama keluarga dan kerabat merupakan keindahan tersendiri. Daerah Kabupaten Bogor menyimpan banyak daya tarik pariwisata yang menjadi tujuan bagi wisatawan dari dalam dan luar daerah. Diantara kawasan wisata yang populer adalah Kawasan Gunung Salak Endah Pamijahan. Namun sebagian wisatawan mengeluhkan retribusi yang ditarik oleh pihak pengelola untuk masuk ke Kawasan Wisata.

Di gerbang pertama masuk saja, wisatawan harus mengeluarkan uang 10.000 Rupiah, belum lagi masuk ke lokasi wisata Curug dan parkir. Suryani (35), wisatawan asal Tangerang menyayangkan sistem pengelolaan yang ada saat ini, dan berharap bisa menikmati liburan dengan murah meriah.

“Keberatan mas kalau masuk kesini harus bayar lagi bayar lagi. Pengennya sih cukup di satu gerbang saja kita bayar. Belum lagi parkir juga bayar, jadi kalau kami mengunjungi lokasi yang ada di kawasan Wisata Gunung Salak harus bayar lagi, dan saya berharap bisa murah untuk masuk kesini, tapi kaya nya tidak mungkin mas,” paparnya kepada Kupas Merdeka, Kamis 31/12.

Advertisement

Sementara saat tim Kupas Merdeka ingin konfirmasi ke Pengelola Taman Nasional tidak ada di tempat, karena sedang tugas.

Berkaitan dengan jumlah pengunjung pada saat libur panjang ini, menurut informasi yang diterima, tidak ada lonjakan dibanding hari-hari biasanya.

“Saat ini belum ada lonjakan wisatawan, masih kaya hari hari biasa nya, untuk biaya masuk ke Curug Cigamea kami kasih harga 10.000 per orang, dan parkir 5000,” pungkas Maulana, penjaga gerbang Curug Cigamea. (farid)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*