Dikepung Orang Liburan Tahun Baru, Jalur Puncak Lumpuh

Macet parah kerap terjadi di jalur menuju Puncak, Bogor, pada setiap musim liburan. (stock)
Macet parah kerap terjadi di jalur menuju Puncak, Bogor, pada setiap musim liburan. (stock)

CISARUA (KM) – Menjelang malam pergantian tahun, kawasan Puncak menjadi pilihan warga untuk berlibur. Akibatnya, terjadi peningkatan volume kendaraan sehingga terjadi kemacetan arus lalulintas dari kedua arah, Rabu (30/12/2015). Pantauan di lokasi, penumpukan kendaraan yang didominasi roda empat terjadi semenjak lampu merah Gadog, tanjakan Selarong hingga pasar Cisarua.

Salah seorang warga Bekasi, Hendra (39) menuturkan, dirinya sudah sejak pagi hari terjebak kemacetan sehingga diperlukan kesabaran untuk bisa menghabiskan liburan bersama keluarga di kawasan puncak.

“Macetnya dari pagi Mas. Kalau mau liburan di Puncak, yah musti sabar,” kata dia saat ditemui di sekitar pasar Cisarua.

Ia mengaku, berangkat dari rumah sekitar pukul 08:00 WIB, namun tetap terjebak kemacetan hingga sore hari.

“Sekarang sudah pukul 18:45 WIB, tapi saya tetap terjebak macet,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Satlantas Polres Bogor dan Polres Cianjur akan menutup jalur menuju Puncak menjelang malam akhir tahun, tepatnya pada 31 Desember mulai pukul 19.00 WIB guna mengantisipasi terjadinya macet total di sepanjang jalur tersebut.

Meski begitu, Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu mengatakan, pihaknya akan tetap mengizinkan kendaraan warga sekitar Pacet, Cipanas dan Sukaresmi untuk melintas asal menujukan kartu tanda penduduk (KTP).

“Untuk warga yang tinggal di wilayah tersebut, akan diberikan izin untuk dapat melintas, sedangkan warga lain yang hendak merayakan malam pergantian tahun di Puncak-Cipanas, kita batasi di bawah jam 19.00 WIB, masih bisa melintas, kalau lewat dari itu tidak kami izinkan,” ujarnya.

Penutupan jalur menuju kawasan Puncak-Cipanas, menjelang malam pergantian tahun itu, masih kata dia, sebagai upaya menghindari terjadinya macet total karena setiap malam pergantian tahun di kedua lokasi tersebut, dipadati warga dan pendatang yang berbaur untuk menghabiskan malam akhir tahun.

“Untuk itu, kami mengimbau warga yang ingin merayakan malam pergantian tahun di wilayah Puncak-Cipanas, untuk berangkat lebih awal karena menjelang malam jalur menuju wilayah tersebut akan ditutup sampai malam pergantian tahun usai,” pungkasnya. (Rifai)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*