Polsek Cibungbulang Terapkan 8 Program Unggulan Polres Bogor

polisi tausiah
Polsek Cibungbulang H. Rony Mardiatun dalam Polisi Tausiah. Program Polisi Tausiah merupakan salah satu dari program unggulan Polres Bogor.

CIBUNGBULANG (KM) – Mengenal lebih dekat Drs. H. Rony Mardiatun, sosok
kapolsek yang satu ini dekenal memiliki kepribadian yang hangat, ramah , sopan dan santun terhadap rekan media. Suasana akrab dan kekeluargaan bersamanya dirasakan wartawan Kupas Merdeka saat melakukan kunjungan liputan mengenai kegiatan- kegiatan polsek Cibungbulang, Kabupaten Bogor, pada hari Selasa 14/12.

“Saya pribadi dan seluruh anggota, Alhamdulillah telah dapat melaksanakan 8 Program Unggulan Polres Bogor yang dilakukan di wilayah desa- desa yang ada di kecamatan Cibungbulang dan  kecamatan Pamijahan, dimana 2 kecamatan itu adalah wilayah kerja Polsek Cibungbulang,” kisahnya.

8 Program Unggulan Polres Bogor yang telah dilaksanakan Polsek Cibungbulang adalah Apel Bersama kewilayahan, Ngariung bareng polisi, Polisi tausiah, Polisi berkebun, Door to door, Patroli Hot Spot, Goes kamtibmas dan Sosialisasi tertib lalu lintas ke sekolah-sekolah. Kapolsek juga menjelaskan tentang 8 Program unggulan tersebut.

“Apel bersama Kewilayahan dapat menciptakan sinergitas Polisi serta adanya kesamaan pola fikir (stake Holder) antara jajaran muspika. Selain itu dengan adanya apel bersama kewilayahan dapat terjalinnya kekompakan antara Polri dengan instasi terkait, sehingga timbul kebersamaan dalam menciptakan kondisi Harkamtibmas agar kondusif,” jelasnya.

Adapun program Ngariung bareng polisi bertujuan meningkatkan silaturahmi antara polisi dengan masyarakat sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada polri, dan dengan adanya kegiatan tersebut polisi dapat menyerap informasi, kritik dan saran dari masyarakat.

Polsek Cibungbulang kemudian memaparkan program-program unggulan Polres Bogor lainnya:

Polisi Tausiah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh anggotan kepolisian dalam mendirikan
himbauan kamtibmas melalui acara-acara keagamaan sehingga menciptakan opini positif dari masyarakat bahwa anggota kepolisian lebih humanis dan religius.

Polisi Berkebun bertujuan mensukseskan program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur di wilayah masing-masing dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan kepada petani penggarap sehingga dapat mengurangi pengangguran.

Polisi door to door bertujuan untuk bersilaturahmi dengan warga dan seluruh anggota keluarganya, dengan sarana dialogis polisi dapat menyerap informasi dan aspirasi warga masyarakat, sehingga warga masyarakat menjadi tombol darurat (Panic button) sebagai deteksi dini tindak kejahatan.

Polisi hot spot adalah suatu kegiatan yang dilakukan anggota kepolisian dengan cara melaksanakan
patroli ke tempat obyek-obyek vital maupun ke lokasi titik rawan kejahatan.

Goes Kamtibmas adalah suatu kegiatan preventif yag dilakukan oleh anggota kepolisian dengan cara menggunakan sepeda goes. Dengan adanya kegiatan tersebut, anggota kepolisian yang
berpatroli menggunakan sepeda goes dapat menjangkau ke tempat- tempat yang tidak
bisa dilalui oleh patroli kendaraan roda empat sehingga kepolisian lebih fleksibel dalam
berharap suatu informasi di lingkungan masyarakat.

Sosialisasi tertib lalu lintas ke sekolah-sekolah, yakni suatu kegiatan kepolisian dalam memberikan himbauan dan arahan kepada guru maupun siswa-siswi sekolah mengenai tertib lalu lintas agar para guru maupun siswa-siswi dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Selai itu polsek cibungbulang juga mengadakan kegiatan operasi Polsek Cibungbulang dimana
kegiatan tersebut meliputi operasi miras dan operasi petasan. Dengan adanya operasi polsek Cibungbulang tersebut, agar dapat menciptakan kondisi wilayah hukum polsek Cibungbulang yang kondusif.

Rony Mardiatun juga menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut terus dilaksanakan dan menjadi kegiatan rutin. Dengannya ia berharap polisi dapat menjadi mitra masyarakat dan bekerja sama antara polisi dan masyarakat agar terciptanya kondisi di wilayah desa- masing- masing menjadi aman, tertib, kondusif dan hidup damai. (Helmi/Rilis Polsek CBB)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*