DKKB Kembangkan Seni dan Budaya Sunda Asli Bogor

Pagelaran Seni dan Budaya Sunda Bogor (dok. KM)
Pagelaran Seni dan Budaya Sunda Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB) akan menjadikan seni dan budaya Sunda menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri. Hal ini dikatakan oleh Ketua DKKB Erwin Suriana, bahwa akan ada event atau acara yang akan mengusung kegiatan seni dan budaya Sunda, untuk memperkenalkan dan melestarikan seni dan budaya Jawa Barat.

“Dalam event ini, nantinya akan diselenggarakan beberapa kegiatan seni seperti tarian, pedalangan, seni kemasan pertunjukan hingga budaya dan sejarah Sunda atau Jawa Barat,” ucap Erwin Suriana kepada Kupas Merdeka, Senin (28/12/15).

Ia menambahkan, selain memperkenalkan seni dan budaya yang sudah ada, DKKB juga akan menggali potensi dan mengkonservasi seni budaya Sunda yang hampir punah. Erwin juga menjelaskan, DKKB pun nantinya akan menggandeng budayawan dan akademisi untuk menggali potensi seni, budaya dan sejarah Sunda.

“Hal ini dilakukan agar objek wisata di Kabupaten Bogor tidak hanya Puncak saja, tetapi juga ada lokasi lainnya untuk dikunjungi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Parwisata Kabupaten Bogor, Rahmat Sujana memaparkan seni dan budaya Sunda harus terus dikembangkan, agar tidak hanya menjadi tuan rumah, tetapi juga bisa eksis di kancah internasional.

“Kami punya program pelestarian dan promosi, yang nantinya akan berkerjasama dengan DKKB untuk sosialisasi ke ratusan hotel di Bumi Tegar Beriman ini, agar seni dan budaya Sunda bisa ditampilkan di hotel dan dikenalkan kepada para wisatawan yang berkunjung,” tutur Rahmat.

Dewan Penasehat DKKB, yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Wasto Sumarno meminta agar DKKB melestarikan seni dan budaya sunda, dimulai dari tingkat kecamatan.

“Ada 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, dan DKKB diharapkan dapat menggali seni dan budaya lokal yang sudah ada, untuk menjadi ciri khas di daerah masing-masing,” tandas Wasto.

Kedepannya Wasto Sumarno mengharapkan DKKB, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Badan Promosi Pariwisata Daerah dan PT Sayaga Wisata, untuk bahu membahu dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Bogor. (Sahrul/Faizal/Aril)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*