Bupati Bogor Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2015

Bupati Bogor, Hj Nurhayanti (stock)
Bupati Bogor, Hj Nurhayanti (stock)

BOGOR (KM) – Beberapa hari menjelang perayaan tahun baru 2016, sejumlah stakeholder di Kabupaten Bogor menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin 2015 yang dikomandoi pihak kepolisian. Apel tersebut dilaksanakan di lapangan Tegar Beriman, Cibinong pada Rabu (28/12/15). Operasi Lilin 2015 itu melibatkan unsur kepolisian, Komando Distrik Militer (Kodim) 0621 Kabupaten Bogor beserta anggota Dinas Perhubungan Satpol PP kabupaten Bogor hingga kader pramuka dan sejumlah organisasi kepemudaan, seperti FKPPI dan Pemuda Pancasila.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Bogor Hj. Nurhayanti yang membacakan sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal polisi Badrodin Haiti, mengatakan dengan apel gelar pasukan dapat dilakukan pengecekan kesiapan akhir pelaksanaan operasi, baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda serta Mitra Kamtibmas lainnya dalam pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2016.

“Saya ingin rencana pengamanan yang telah dipersiapkan dengan serius dan sungguh dapat diimplementasikan pada tahap pelaksanaan operasi lilin 2015.” ungkapnya

Ia juga menjelaskan Natal diperingati di seluruh dunia dan begitu pula peringatan tahun baru dimana terjadi pergerakan aktivitas dan mobilitas di tempat ibadah, obyek wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat umum.

Advertisement

“Ini tentu menimbulkan gangguan Kamtibmas dan Kamtib selancar. Kita menggelar operasi untuk menciptakan kondisi yang aman. Kita akan mengedepankan preventif, preempentive, dan penegakan hukum,” paparnya.

Ia melanjutkan Operasi Lilin 2015 akan digelar mulai 24 Desember hingga 2 Januari 2016, dengan total sekitar sepuluh hari.

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2015, Polri telah mempersiapkan sebanyak 80.197 personel polri, 20.681 personel TNI serta 49.670 personel instansi terkait lainnya yang terdiri dari satuan polisi, dishub, linmas, pramuka dan pemadam kebakaran.

“Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.557 pos pengamanan dan 638 pos pelayanan. Selain itu, juga akan dimanfaatkan 998 unit cctv yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk memantau situasi pada titik yang dianggap rawan terjadinya gangguan Kamtibmas.” tegasnya

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Aryo Seto mengatakan Personil yang di turunkan untuk Operasi lilin 2015 sebanyak 1200 personil yang terdiri baik TNI dan Polri, yang tersebar di jalur Bopuncur, Bocimi dan Transyogi serta tersebar di jalur-jalur Kabupaten Bogor. “Pihak kami pun kini sudah mendirikan 14 Pospam yang tersebesar di Kabupaten Bogor,” tukasnya. (Sahrul/Aril)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*