Proyek Betonisasi Jalan Disoal, Kades Galuga Menutup-nutupi

betonisasi jalan
Betonisasi jalan (ilustrasi) (dok. rri)

Bogor, 02/11 (KM) – Di era globalisasi dan keterbukaan informasi, transparansi dalam pemerintahan menjadi salah satu agenda utama dalam mengurangi kemungkinan terjadinya praktek korupsi. Namun tidak demikian ketika Kupas Merdeka menyambangi desa Galuga, kecamatan Cibungbulang, kabupaten Bogor, saat kepala desa Endang hendak dikonfirmasi terkait betonisasi jalan akses menuju TPA (RIGIT) Desa Galuga.

Proyek betonisasi ini dikerjakan oleh pihak ketiga dan didanai oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor dengan anggaran Rp.1.781.509.000,-. Dalam hal perincian penggunaan dana tersebut, Endang terkesan menutup-nutupi, pasalnya saat wartawan ingin meminta konfirmasi terkait pembangunan jalan, Kades tersebut terkesan menghindar dan mengusir. ”Saya sedang banyak kerjaan, saya sedang sibuk, ada apa sih,” tutur Endang.

Perkataan yang seharusnya tidak dilontarkan pejabat publik tersebut sangat disayangkan, dan memunculkan pertanyaan, ada apa di balik pembangunan jalan tersebut?

Hingga kini transparansi dalam pengerjaan proyek di tingkat desa masih belum sempurna dipraktekkan, dan dana yang dikucurkan masih rawan penyalahgunaan. Masyarakat masih mengharapkan peranan lapisan-lapisan pemerintah untuk lebih berkoordinasi dan menjunjung tinggi transparansi. (Tri/Dion/Hendi/HJA)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*