Genjot Indeks Kepuasan Masyarakat, RSUD Cibinong Tingkatkan Pelayanan

RSUD Cibinong, Kabupaten Bogor.
RSUD Cibinong, Kabupaten Bogor.

BOGOR (KM) – Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) mengenai pelayanan RSUD milik pemerintah daerah terus digenjot. Masyarakat terus memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggaraan pelayanan publik, seperti yang dilakukan RSUD Cibinong. Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang – undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000. Maka untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik perlu disusun IKM sebagai
tolok ukur untuk menilai Tingkat Kualitas Pelayanan.

RSUD Cibinong sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Dareah ( SKPD ) di Kabupaten Bogor telah melaksananakan Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) sejak tahun 2011.

“Sampai saat ini RSUD Cibinong tiap tahunnya melaksanakan Penyusunan IKM, dan untuk tahun 2015 IKM dilaksanakan pada tanggal 24 April 2015 sampai dengan tanggal 08 Mei 2015 selama 10 ( sepuluh ) hari dengan responden berjumlah 192 orang sesuai Jumlah Kunjungan Rawat Jalan dan Kapasitas Tempat Tidur di Rawat Inap dimana responden tersebar di seluruh ruangan di RSUD Cibinong mulai dari Instalasi Farmasi,” kata Direktur Utama RSUD Cibinong, Drg. Tri Wahyu Harini, MM, M.Kes, kepada Kupasmerdeka.com, Selasa (3/11/2015).

Advertisement

Selain itu kata Tri, RSUD Cibinong juga melengkapi berbagai fasilitasi lainnya seperti Instalasi Laboratorium, Instalasi Radiologi, Instalasi Bank Darah, Instalasi Gawat Darurat (IGD), Poliklinik/ Rawat Jalan, IBS, IGD Ponek, Kebidanan, Intalasi Care Unit (ICU), Ruang Perawatan Kelas I, II, III dan VIP, dan Informasi Center (IC),” tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, adapun hasil IKM di RSUD Cibinong untuk tahun 2015 sebesar 77,15 %. Hal ini meningkat dari tahun – tahun sebelumnya.

“Itu berarti Mutu Pelayanan dan Kinerja Pelayanan di RSUD Cibinong menurut masyarakat masuk dalam kategori B atau baik, berdasarkan Standar Nilai yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia,” paparnya.

Dia berharap, kedepannya semoga RSUD Cibinong semakin dapat meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat sehingga masyarakat yang dilayani tetap merasa PUAS bahkan LEBIH PUAS lagi terhadap pelayanan di RSUD Cibinong. (Sahrul/ Faisal)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*