RSUD Cibinong Menuju Rumah Sakit Rujukan Regional

Ruang tunggu pasien di RSUD Cibinong
Ruang tunggu pasien di RSUD Cibinong (dok. KM)

BOGOR (KM) – Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satu diantaranya yang dianggap mempunyai peranan yang cukup penting adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan.

Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan salah satu tolok ukur kepuasan yang berefek terhadap keinginan pasien untuk kembali kepada institusi yang memberikan pelayanan kesehatan yang efektif. Oleh karena itu RS harus dapat memberikan pelayanan kesehatan yang cepat, akurat, dan sesuai dengan kemajuan teknologi kedokteran sehingga dapat berfungsi sebagai rujukan RS sesuai dengan tingkat rumah sakitnya.

Menurut Dirut RSUD Cibinong Drg. Tri Wahyu Harini, MM, M.Kes, pelayanan kesehatan rumah sakit terdiri dari pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap, pelayanan administrasi, pelayanan gawat darurat yang mencakup pelayanan medik dan penunjang medik dengan tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam bentuk pemeriksaan, pengobatan, perawatan tindakan medis atau non medis, dan tindakan diagnosis lainnya yang dibutuhkan oleh masing-masing pasien dalam batas-batas kemampuan teknologi dan sarana yang disediakan di rumah sakit.

“Dewasa ini, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menerapkan sistem Rujukan RS Regional yang berguna untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan juga untuk mengurangi penumpukan pasien di RS provinsi. Dengan adanya RS Rujukan Regional ini, pasien yang tidak bisa ditangani RS tingkat kabupaten bisa segera dirujuk ke RS Rujukan Regional dan jika tidak bisa ditangani
baru dirujuk ke RS Provinsi. Untuk itu, Pemerintah telah menetapkan status 110 RS tingkat Kabupaten menjadi RS Rujukan Regional dan salah satu dari RS yang ditetapkan menjadi RS Rujukan Regional adalah Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Cibinong Kabupaten Bogor,” ungkapnya Tri pada kupasmerdeka.com, Selasa (3/11/2015).

Oleh karena itu kata dia, RSUD Cibinong dituntut untuk mempersiapkan diri menjadi RS Rujukan Regional Jawa Barat. Sehingga RSUD Cibinong merasa harus terus meningkatkan pelayanan kesehatannya .

Advertisement

“Saat ini RSUD Cibinong telah memiliki 16 Pelayanan Rawat Jalan yang terdiri dari Poliklinik Anak, Poliklinik THT, Poliklinik Mata, Poliklinik Umum, Poliklinik Gigi dan Mulut (telah memiliki spesialistik orthodonti), Poliklinik Kulit dan Kelamin, Poliklinik Paru, Poliklinik DOTS, Poliklinik Rehabilitasi Medik, Poliklinik Bedah Umum, Poliklinik Kebidanan dan Kandungan, Poliklinik Syaraf, Poliklinik Penyakit Dalam, Poliklinik Orthopedi  yang beroperasi setiap hari Senin s/d Sabtu, Poliklinik Urologi yang beroperasi setiap hari Senin s/d Sabtu dan Poliklinik
Gizi,” tuturnya.

Selain itu kata Tri RSUD Cibinong juga melengkapi diri dengan18 Instalasi yang terdiri dari Instalasi Bank Darah, Instalasi Farmasi, Instalasi Bedah Sentral, Instalasi Haemodialisa, Instalasi Gizi, Central Sterilization System Department (CSSD), Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit (IPSRS), Pemulasaran Jenazah, Instalasi Rawat Inap, Instalasi Rawat Jalan, Diklat, Medical Check Up, Instalasi Radiologi, Instalasi Gawat Darurat, Intensive Care Unit (ICU), Instalasi Laboratorium (Patologi Klinik) dan Instalasi Patologi Anotomi yang telah beroperasi sejak awal tahun 2014.

“Selain itu, peningkatan mutu pelayanan juga dapat diukur dari kenyamanan pasien berkunjung, untuk itu RSUD Cibinong telah membangun Ruang Laboratorium ( Patologi Klinik ) baru yang sekarang berlokasi di dekat Instalasi Gawat Darurat dan pembangunan renovasi selasar serta rencana penambahan ruang rawat inap yang semuanya diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2016, oleh karena itu kedepannya RSUD Cibinong terus dan terus membangun dan berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dan berkualitas terhadap masyarakat sesuai dengan visi RSUD Cibinong menjadi Rumah Sakit yang diandalkan dan dipercaya  masyarakat sehingga diharapkan dapat menjadi RS Rujukan Regional yang bermutu,” pungkasnya. (Sahrul/Faisal)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*