Awal Tahun 2016, Kampung Panggeleseran Siap Direlokasi

kampung panggeleseran
Warga Kampung Panggeleseran, Desa Banyuwangi Kecamatan Cigudeg. Kampung Panggeleseran akan direlokasi untuk keamanan warganya. (dok. KM)

Kab. Bogor (KM) – Sebanyak 262 kepala keluarga (KK) yang tinggal kampung panggeleseran desa Banyuwangi kecamatan Cigudeg, kabupaten Bogor bagian barat, akan direlokasi ke tempat yang lebih aman pada awal tahun 2016 nanti.
Program relokasi yang diwacanakan Pemerintah Kabupaten Bogor sejak tahun 2007 lalu, telah berubah menjadi program bantuan sosial (Bansos), dan telah mendapat jawaban dari hasil kajian kejaksaan negeri Cibinong.

Ditemui saat meninjau lokasi, Minggu(14/11), Acep Sajidin, Camat Cigudeg, mengatakan program relokasi warga kampung panggeleseran tersebut kini statusnya telah berubah menjadi program Bansos, perubahan tersebut dikarenakan terkendala perijinan pembelian lahan untuk merelokasi 262 KK, sehingga diawal tahun 2014 program anggarannya berubah menjadi Bansos.

“Dulu emang rencananya warga tersebut akan di relokasi ke suatu tempat yang masih di area desa Banyuwangi, karena areal tanah tersebut milik perhutani, prosedur pembelian tanahnya sangat sulit dan terkendala perijinan dari pusat, sehingga awal tahun 2014 program anggarannya berubah menjadi Bansos,” Kata Acep.

Dijelaskan Camat, seharusnya progam bansos ini sudah bisa direalisasikan pada pertengahan tahun 2015, namun karena terkendala kasus bansos di daerah lain, pihak Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) kabupaten Bogor tak mau gegabah dan meminta pendapat hukum dari kejaksaan Negeri Bogor.

“Keterlambatan pencairan bansos tersebut, dikarenakan pihak muspida tidak mau gegabah dan menunggu jawaban dari pihak kejaksaan Negeri Cibinong untuk diminta pendapat hukumnya terlebih dahulu, Alhamdulillah pihak kejaksaan telah memberikan jawabannya, dan awal tahun 2016 ini bansos tersebut sudah bisa dicairkan. Sedangkan teknis pencairannya, warga penerima bansos akan diberikan bantuan berupa uang sebesar 45juta rupiah yang akan ditransfer langsung ke rekening penerima program Bansos tersebut, Beber orang nomor satu dikecamatan Cigudeg.

Sementara, Oman salah satu tokoh masyarakat Desa Banyuwangi, merasa bersyukur, pasalnya pemerintah kabupaten Bogor akan segera merealisasikan program bansos tersebut yang saat ini sedang di nanti-nantikan warga. Dan dia berharap, agar warga penerima bantuan itu bisa memanfaatkan bantuan tersebut sesuai aturan dan peruntukannya.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah, Desa, kecamatan dan kabupaten Bogor yang akan merealisasi bansos tersebut awal tahun 2016, pasalnya saat ini musim penghujan jika tidak segera ditangani dikhawatirkan akan terjadi longsor lagi, karena sekarang pun sudah ada yang longsor. Dan saya pun berharap kedepannya, jika telah ada pencairan, warga penerima tersebut dapat memanfaatkan uang bantuan itu sesuai aturan dan peruntuknnya,” Pungkasnya (And/Ocr).

Leave a comment

Your email address will not be published.


*