Pabrik Produsen Kayu di Bogor Dilalap Si Jago Merah

pabrik kayu kebakaran
Kebakaran Pabrik Kayu di Gunung Putri, Sabtu (11/10) kemarin.

BOGOR (KM) – Sebuah perusahaan produsen kayu ekspor milik PT Injak Kayu Terpadu di Kampung Mamonot RT 03/RW 01, Desa Tlajung Udik, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, dilalap si jago merah pada Sabtu (10/10/15) siang kemarin. Api baru bisa di padamkan setelah kurang lebih 15 jam, Minggu (11/10/15) dini hari.

Peristiwa terbakarnya pabrik pengolahan kayu lapis ekspor ini terjadi sejak pukul 15.00 WIB Sabtu kemarin. Api diduga berasal dari mesin pembakaran oven yang mengalami korsleting listrik hingga mengakibatkan gudang oli dan gudang palet kayu yang berada dalam perusahan tersebut terbakar.

“Api berawal dari gudang oli dan kebakaran itu terjadi pada saat pergantian shift karyawan antara shift 1 dan shift 2. Karyawan pergantian shift melihat api dari gudang oli, di mana gudang tersebut terdapat mesin pemotong kayu hingga terjadinya kebakaran,” kata salah seorang karyawan, Hadi pada kupasmerdeka.com

Advertisement

Ia menjelaskan bahwa api terus merembet ke gudang-gudang lain yang ada di 4 bangunan pabrik hingga menghanguskan seluruh isi gudang dan merobohkan bangunan perusahaan kayu ekspor ini.

“Pemadaman api terus dilakukan oleh puluhan kendaraan Damkar dari pemda Bogor, Pemkot Bogor, Pemkot Depok dan pemadam kebakaran dari perusahaan. Cuma karena tiupan angin dan pasokan air cukup jauh, pemadam kebakaran kesulitan untuk menjinakkan api dan sampai saat ini proses pemadaman terus dilakukan,” jelas Hadi.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, hasil upaya yang dilakukan oleh puluhan petugas Damkar tersebut, akhirnya si jago merah pun dapat dijinakaan sekira pukul 06.00 WIB. Dari peristiwa itu, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (Harun)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*