Desa Leuweng Kolot terima Pembagian ADD, adakan Ngariung Bareng Polisi

Alokasi Dana Desa
(Ilustrasi)

Cibungbulang, Bogor (KM) – Jum’at (18/9) sekitar jam 13:00 Kepala Desa Leuweng Kolot, Komariah, yang juga sering dipanggil Ibu Kokom mengumpulkan Aparatur Pemerintah desanya, seperti Ketua RT/RW, LPM, BPD, tokoh masyarakat dan tokoh ulama Desa Leuweng Kolot dalam rangka pembagian hak insentif sekaligus Kepala Desa juga mengundang Camat Cibungbulang Setiawan dan Kapolsek Cibungbulang Drs H Rony Mardiatun untuk sekaligus mengadakan acara “NGARIUNG BARENG POLISI”.

Kepala Desa Leuweng Kolot mengatakan, “Alhamdulillah akhirnya anggaran dana desa sudah turun, dan sebagai kepala desa harus membagikannya langsung dan secara terbuka.” Selain itu Ibu Kokom juga memaparkan masalah dana desa yang telah dilaksanakan di beberapa tempat di desa Leuweng Kolot yaitu di RW 01 berupa sarana pengairan, RW 03 dan RW 04 berupa sarana jalan desa dan RW 05 berupa turap.

Untuk dana desa yang turun berikutnya akan digunakan dalam pembangunan infrastruktur desa di tingkat RW yang masih membutuhkan.

Dalam acara tersebut Camat Cibungbulang, Setiawan mengajak masyarakat Leuweng Kolot untuk membantu program pemerintahan desa serta mengawasi dan mengawal program yang dilaksanakan. Dana desa yang dikucurkan tingkat pusat ke tingkat desa secara bertahap dibagikan menjadi 3 Termin/Tahap: Tahap pertama 40%, Tahap kedua 40% dan Tahap ketiga 20%.

Dana ADD diperuntukkan pembangunan infrastruktur seperti irigasi, jalan desa, turap dan lain-lain yang dibutuhkan dan untuk pemberdayaan masyarakat dalam pembiayaan pelatihan keterampilan seperti menjahit, Dana desa yang diturunkan menjadi tanggung jawab bersama dan dibeberkan secara terbuka kepada semua pihak untuk memastikan tepat sasaran.

Advertisement

Ketua BPD Asep Jumat menuturkan, bahwa BPD mempunyai tugas pokok yaitu membuat rencana rancangan anggaran desa, melaksanakan pengawasan pembangunan di wilayah masing-masing dan membuat peraturan desa supaya mempunyai payung hukum.

Ketua LPM Dedi Sopian juga memohon bantuan dari masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan pembangunan desa seperti dana desa yang telah dilakukan di beberapa tempat yang telah dipaparkan Kepala Desa. Untuk dana desa selanjutnya masih difokuskan untuk infrastruktur pembangunan desa.

Dalam sambutan Kapolsek Cibungbulang Drs. H Rony Mardiatun, ia mengungkapkan bahwa pihak kepolisian mengadakan acara “NGARIUNG BARENG POLISI” yang dapat meningkatkan silaturahmi antara Polisi dengan masyarakat sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Polri dan dengan adanya kegiatan tersebut Polisi dapat menyerap informasi, kritik dan saran dari masyarakat. Kapolsek juga memberikan beberapa himbauan kepada masyarakat, antara lain dalam menghadapi musim kemarau, masyarakat harus berhati-hati agar tidak terjadi kebakaran, seperti tidak boleh membuang puntung rokok sembarangan. “Belakangan ini banyak penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, seperti melalui SMS, hadiah-hadiah di dalam bungkus kopi, sabun, dan amplop yang berisi beberapa dokumen yang sengaja dibuang di jalan. Diharap agar masyarakat berhati-hati terhadap penipuan-penipuan tersebut,” lanjutnya. Ia juga mengajak untuk meningkatkan Siskamling/Ronda Malam untuk digiatkan kembali karena banyak terjadi pencurian/maling yang dilakukan malam hari. Ia juga meminta agar masyarakat juga harus tertib lalu lintas seperti tidak memakai knalpot racing yang berisik pada kendaraan roda dua. ( Helmi )

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*