Banyak PNS Nyalo Perizinan, Pemkab tak Tegas

ilustrasi pungli
Pungutan Liar

BOGOR (KM) – Ulah segelintir oknum pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bogor menjadi calo atau mempermainkan perizinan masih saja terjadi. Mengatasnamakan peraturan, oknum PNS tersebut hanya mementingkan kepentingan pribadi, dan terkesan memeras demi mendapatkan uang.

Dari penuturan salah satu pengusaha refleksi yang namanya tidak ingin disebutkan, salah satu oknum Satpol PP Kecamatan Babakan Madang berinisial MT berjanji akan membantu proses perijinan dengan imbalan sejumlah uang.

“Kata dia bisa mengurus Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) dengan dengan cepat, namun setelah beberapa waktu dan saya menyerahkan sejumlah uang, surat tersebut tak jelas rimbanya,” ungkapnya kepada kupasmerdeka.com, Selasa (22/9/2015).

Sumber tersebut menjelaskan, kata oknum tersebut uang diklaim untuk membantu pembangunan kecamatan dan kordinasi sana-sini agar proses perizinan berjalan lancar.

Advertisement

“Konon banyak pengusaha seperti saya yang diurus proses perizinannya oleh oknum tersebut,”jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Bogor Hj. Nurhayanti berjanji akan menindak tegas oknum PNS itu sebab bukan hanya mencoreng citra PNS tapi juga pemkab setempat.

“Ulah oknum PNS nyambi jadi calo perizinan telah mencederai semangat Pemkab Bogor dalam mengoptimalisasikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Nurhayanti.

Dia berjanji akan rutin melakukan sidak ke sejumlah dinas dan jika kedapatan oknum PNS itu akan ditindak tegas. “Kita sering lakukan penertiban dan beberapa oknum PNS yang diketahui nyalo langsung kita kenakan sanksi administrasi hingga penundaan naik pangkat atau dimutasikan,” tukasnya. (Harun)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*