Pelajar Kabupaten Bogor Ikut Pembinaan Kemediamasaan

Diskominfo Kab Bogor sedang memberikan pembinaan kepada para pelajar

BOGOR (KM) – Sejumlah pelajar mewakili sekolahnya mengikuti kegiatan pembinaan kemediamassaan yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor di Aula Diskominfo, Cibinong, Kamis (13/8/2015). Sebanyak 80 pelajar antusias menerima materi tentang internet sehat, teknik penulisan berita dan public speaking.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Wawan Munawar Sidik mengatakan, kegiatan ini untuk mendekatkan dunia kemediamassaan dengan kelompok masyarakat termasuk di dalamnya para pelajar, sehingga dapat meningkatnya sumber daya manusia bidang komunikasi dan informasi dalam memahami bebagai informasi yang diperoleh, baik dari media cetak, elektronik, maupun online.

“Diperlukan kecerdasan untuk mengimbangi arus informasi di tengah masyarakat, sehingga informasi yang diterima menjadi jelas. Oleh sebab itu, penting sekali bagi para pelajar untuk memahami seluk beluk dunia media massa. Karena media massa Indonesia saat ini mengalami perubahan mendasar sejak reformasi bergulir di Indonesia”, terang Wawan kepada kupasmerdeka.com.

Wawan menambahkan, ditambah lagi dengan munculnya media baru, khususnya yang memanfaatkan media internet yang memungkinkan juga munculnya praktek e-public relations atau cyber public relation. Yaitu kegiatan kehumasan yang dilakukan di dunia internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai melakukan customer relation management.

Advertisement

“Melalui kegiatan ini para peserta akan memperoleh berbagai pengetahuan seperti tulisan berita yang sarat nilai (news value) dengan tetap memperhatikan aktualitas berita, kelayakan berita sesuai kebutuhan publik, check and recheck masalah, dan bagaimana membuat terobosan serta kreasi penulisan dengan gaya jurnalistik sastra, jurnalistik features, jurnalistik investigasi dan lain sebagainya”, tambah Wawan.

Sementara, Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Erwin Suriana mengatakan, kegiatan pembinaan kemediamassaan untik kelompok masyarakat angkatan satu tingkat Kabupaten Bogor ini diharapkan memberikan dampak positif bagi peningkatan sumber daya manusia dalam memahami berbagai informasi yang diperoleh, baik dari media cetak, dan elektronik maupun online, serta dapat menyampaikan informasi yang akurat serta mudah diakses publik.

“Peserta terdiri dari perwakilan kelompok masyarakat dalam hal ini para pelajar setingkat SMU yang memiliki concern terhadap kemediamasaan, semuanya berjumlah 80 orang. Nara sumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah unsur praktisi bidang komunikasi, serta pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor”, tukasnya. (Sahrul)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*