Baru Menjabat, Kepala Dinas ESDM Gebrak Penambangan Tanpa Izin

M. Ridwan saat dilantik oleh Bupati Bogor menjadi kepala DESDM Kab Bogor.

BOGOR (KM) – Beberapa hari setelah dilantik menjadi Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (DESDM) Kabupaten Bogor, M Ridwan langsung membuat gerakan dengan membentuk tim penertiban Penambangan Tanpa Ijin (PETI). Tim ini‎ akan melibatkan petugas DESDM provinsi Jabar, Kepolisian, Satpol PP, aparat Kecamatan dan juga aparat TNI.

“Saya sudah tunjuk Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pertambangan Umum sebagai Koordinator tim penertiban PETI. Dalam beberapa hari kedepan dia akan bentuk tim dan melakukan konsolidasi dengan pihak terkait. Tugasnya, tutup lokasi PETI, titik,” kata Ridwan kepada kupasmerdeka.com, Senin (10/8/2015).

‎Ridwan mengatakan, dirinya memprioritaskan tindakan tegas terhadap PETI untuk menjawab aspirasi masyarakat yang sempat diresahkan dengan keberadaan PETI. Selain itu, tentu saja tujuannya untuk menegakkan
aturan guna menjaga wibawa Pemkab Bogor.

“Jangan sampai pelaku usaha ilegal meremehkan Pemerintah Daerah, sebab nantinya mereka akan merajalela, melakukan aktifitas usaha tanpa mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku. Saya tidak akan kompromi terhadap PETI, apapun resikonya, catat itu,” tegas Ridwan.

Advertisement

Untuk menyukseskan upaya tegas tersebut, Ridwan pun mengharapkan partisipasi masyarakat Kabupaten Bogor untuk pro aktif memantau sekaligus‎ melaporkan kepada pihaknya atau aparat kecamatan.

“Nanti kita akan siapkan nomor layanan pengaduan, kita umumkan di media massa,” ucapnya.

Disinggung mengenai pengambilan sebagian tugas dan wewenang DESDM Kabupaten/Kota oleh Pemerintah Provinsi sejak awal tahun ini, Ridwan mengaku pasti menjadi kendala tersendiri dalam pelayanan perizinan
serta penindakan usaha penambangan. Karena itu, Ridwan berharap Pemprov Jabar mengembalikan tugas dan wewenang itu dengan menunjukan kinerja yang baik.

Dia menambahkan, DESDM juga akan segera membenahi sekaligus menyelesaikan persoalan dalam pengelolaan air bawah tanah (ABT). “Saya ingin memperbaiki kekurangan DESDM d‎alam mengelola bidang ABT, tentunya harus ada perubahan dan perbaikan di masa kepemimpinan saya,” janji Ridwan. (Sahrul)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*