Pura Terbesar di Jawa Barat ada di Bogor, lho!

pura parahyangan agung bogor kupas merdeka

pura parahyangan agung bogor kupas merdeka -puraBOGOR, KUPAS MERDEKA – Pura Parahyangan Agung Jagatkharta, mempunyai arti Alam Dewata yang sangat sempurna kesuciannya. Pura terbesar di Jawa Barat ini merupakan istana dari Prabu Siliwangi dan seluruh leluhur Jawa Barat. Setiap minggunya Pura Jagatkharta selalu banyak dikunjungi oleh peziarah baik dari Bogor, luar Bogor bahkan dari luar Provinsi Jawa Barat (terutama dari Bali).

Pura ini terletak di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Akses jalan dari kaki Gunung Salak menuju pura sudah diperlebar. Sehingga dihari-hari biasa kendaraan roda dua ataupun roda empat bisa mencapai pura dengan mudah. Namun dalam beberapa acara keagamaan karena banyaknya umat yang akan datang, kendaraan harus parkir jauh dari areal pura.

Dirintis sejak tahun 1995, pembangunan pura ini merupakan hasil kerja gotong royong umat. Pura Padmesana dan Balai Pasamuan Agung dan Mandala Utama. Berdirinya sang pura di Gunung Salak ini bukan tanpa alasan. Karena di sinilah konon kerajaan Hindu tanah Sunda yang termasyhur pernah berdiri, yaitu Kerajaan Padjadjaran dibawah pemerintahan Prabu Siliwangi. Bahkan ada yang percaya di tempat ini Prabu Siliwangi menghilang bersama para prajuritnya. Hingga akhirnya sebelum membangun pura, umat Hindu lalu memutuskan untuk membangun terlebih dulu candi dengan patung macan berwarna putih dan hitam sebagai penghormatan terhadap Kerajaan Padjadjaran, Kerajaan Hindu terakhir di tanah Parahyangan.

Advertisement

pura parahyangan agung bogor kupas merdeka -tata tertib

Sebagian peninggalan itu diantaranya kini tersimpan di Museum Nasional Jakarta. Jejak kaki sang raja bahkan tercetak pada sebuah batu yang lalu dikenal sebagai prasasti Ciaruteun.

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*