Kepala Desa Binong Diduga Gelapkan Dana Ketahanan Pangan Sebesar Rp107 Juta

Serang (KM) – Kepala Desa Binong Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, diduga menggelapkan Dana Anggaran Ketahanan Pangan (Ketapang) senilai Rp. 107 juta pada tahun 2022. Peristiwa ini terungkap pada tanggal Selasa, 9 Juli 2024.

Seorang warga Kampung Pagadungan, sebut saja Kumbang, menjelaskan bahwa kambing yang diklaim sebagai milik Desa Binong ternyata adalah milik pribadi seseorang.

“Salah satu warga Kampung Pagadungan ingin mengambil kambing tersebut untuk dipelihara, tetapi kambing itu sudah tidak ada di kandangnya karena sudah diambil oleh pemiliknya,” ujarnya.

Menurut Kumbang, dia terkejut saat mengetahui kambing tersebut telah diambil oleh pemiliknya. Padahal, kambing itu seharusnya adalah milik Desa Binong yang dibeli dengan anggaran ketahanan pangan (Ketapang).

“Saat warga Pagadungan mendatangi rumah pemilik kambing untuk menanyakan soal kambing tersebut, pemiliknya menjelaskan bahwa kambing itu adalah miliknya, bukan milik Desa Binong. Kambing tersebut ditempatkan di Kampung Pagadungan hanya sebagai formalitas untuk menghindari pemeriksaan dari pihak inspektorat atau DPMD Kabupaten Serang,” jelas pemilik kambing sambil tersenyum dan menggelengkan kepala.

Di tempat terpisah, UG warga Pagadungan, mengaku heran terhadap tindakan Kepala Desa Binong terkait dana yang seharusnya digunakan untuk pembelian kambing.

“Padahal masyarakat Desa Binong sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah. Apalagi anggarannya sudah ada. Masyarakat mengira kambing tersebut benar milik Desa Binong, tapi ternyata hanya formalitas saja,” ujar UG sambil memegang kepala.

Reporter: Wahid

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*