Kali Cidangdeur Cigudeg Meluap, Puluhan Rumah di Kp. Kadaung Rengasjajar Terendam Banjir

BOGOR (KM) – Intensitas hujan yang tinggi, membuat puluhan rumah di Kp. Kadaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg – Bogor, kembali terendam banjir akibat luapan kali Cidangdeur, Kamis (16/5) malam.

Terkait kejadian tersebut, puluhan warga yang rumahnya berada didekat kali Cidangdeur mengungsi ke tempat yang lebih aman, guna menyelamatkan diri.

Menurut beberapa warga sekitar, kali yang semakin dangkal dan adanya bendungan yang difungsikan untuk pengairan persawahan di wilayah kp. Kadaung Desa Rengasjajar dan persawahan di Desa Batujajar diduga menjadi penyebab luapan air masuk ke permukiman warga.

Ketika beberapa warga yang berbincang dengan awak media di lokasi banjir, mereka mengungkapkan harapannya kepada pihak terkait supaya segera dibangunkan turap atau tanggul penahan tanah (TPT).

“Banjir tahunan ini pasti selalu terjadi dan merugikan kami yang terdampak, apalagi dikala hujan tiba kami was was akan banjir luapan yang masuk ke rumah. Saya berharap kepada pihak terkait untuk segera dibuatkan turap agar bisa m minimalisir banjir diaini,” jelasya.

Sementara itu, Relawan PMI Kabupaten Bogor yang mendapat informasi terkait bencana banjir tersebut langsung bergegas untuk mengumpulkan informasi terkait data jumlah kepala keluarga yang terdampak banjir.

Sebelumnya, tiga tahun lalu tepatnya pada bulan Mei 2021, Kp. Kadaung Desa Rengasjajar juga mengalami banjir bandang, bahkan pada waktu itu beberapa rumah hancur porak poranda diterjang banjir. Bahkan bupati Bogor kala itu Ade Yasin turun meninjau langsung ke lokasi terdampak.

 

Red

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*