Jalan Rabat Beton Desa Gambarsari Subang Miliki Kualitas Buruk

SUBANG (KM) – Proyek pembangunan Rabat Beton Jalan Usaha Tani di Dusun Tanjung Mulya 1 RT 09 RW 05 Desa Gambarsari, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang kualitasnya patut dipertanyakan.

Saat ini kondisinya sudah retak dan berdebu, sedangkan jalan tersebut dibangun baru beberapa bulan yang lalu dengan mengalokasikan anggaran dana desa sepanjang 209 meter lebar 3,5 meter dan ketebalan 0,20 cm dengan anggaran Rp. 222.656.000 yang besumber dari Dana Desa (DD) tahun 2024.

Berdasarkan informasi salah satu tokoh masyarakat setempat AG, proyek jalan rabat beton tersebut menjadi sorotan dan dipertanyakan.

“Kondisi fisik jalan rabat beton ada sebagian yang retak dan berdebu, padahal baru dibangun beberapa bulan yang lalu,” ucap AG kepada KM, Rabu (15/05).

“Ada dugaan telah terjadi penyimpangan pada proyek ratusan juta yang bersumber Dana Desa tahun 2024 tersebut. Indikasinya dalam pelaksanaan kegiatan, jalan rabat beton tersebut dugaan tidak sesuai dengan bestek dan sangat melenceng dari Rencana Anggaran Biaya (RAB). Dengan melihat kondisinya yang telah retak memanjang, timbul dugaan jalan rabat beton tersebut dikerjakan sepertinya asal-asalan, tidak memakai destilasi dan komposisi bahan material yang berkualitas sesuai dengan bestek dan indikasinya telah terjadi mark-up pada proyek pembanguan rabat beton jalan usaha tani DD 2024 itu,” jelasnya.

Hasil pantauan tim media di lapangan, benar ditemukan adanya kerusakan yang cukup signifikan pada ruas jalan tersebut. Kondisi fisik jalan rabat beton tampak pecah-pecah, pada bagian sisi badan jalan terlihat retak bahkan banyak pula yang telah pecah, patah memanjang diduga jalan tersebut tidak akan bertahan lama.

Reporter: Din

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*