78 Jamaah Calon Haji Asal Pagaden Barat Subang Ikuti Bimbingan Manasik Haji

SUBANG (KM) – Sebanyak 78 Jamaah Calon Haji (JCH) dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Pagaden dan Kecamatan Pagaden Barat mengikuti rangkaian kegiatan manasik haji yang digelar secara serentak se- Kabupaten Subang untuk tahun 1445 Hijriyah, yang bertempat diaula Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, Rabu (24/4).

Camat Pagaden, Muhamad Rudi mengatakan, dalam rangka manasik haji tingkat kecamatan ini merupakan proses yang sangat penting dan harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. Sehingga, melalui manasik haji ini, 78 calon haji ini diharapkan mempunyai gambaran tentang bagaimana pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya.

“Banyak informasi yang disampaikan dalam manasik, oleh karena itu saya harap diikuti dengan baik. Penjelasan para pembimbing akan sangat memberikan manfaat dan dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan ibadah haji,“ ujar Muhamad Rudi, seusai membukan kegiatan manasik haji.

Muhamad Rudi juga mengingatkan, agar para jamaah calon haji dapat menjaga kesehatan dan staminanya dalam menjalakan kegiatan ibadah haji selama berada di Tanah Suci. Dia juga berharap agar jamaah calon haji dari Kecamatan Pagaden dan Pagaden Barat dapat kembali ke tanah air dengan keadaan sehat dan selamat dan mampu menyandang haji yang mabrur.

“Jaga kesehatan karena jutaan manusia berkumpul di Tanah Suci sebagai bentuk ukhuwah islamiyah yang paling besar. Jika ada rangkaian manasik yang belum dipahami silahkan ditanyakan kepada petugas. Jauhi larangan-larangan dalam rangkaian ibadah haji agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan tenang dan benar. Jaga kesucian hati dan pikiran. Manfaatkan keberadaan petugas kloter untuk membantu jemaah,” jelasnya.

Reporter: Din

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*